Tips Traveling untuk Mencegah Virus Korona

    Raka Lestari - 28 Januari 2020 12:52 WIB
    Tips Traveling untuk Mencegah Virus Korona
    Bagi mereka yang harus melakukan traveling, CDC memberikan tips yang bisa dilakukan agar tidak terkena virus Korona. (Foto: Pexels.com)
    Jakarta: Coronavirus atau yang disebut juga dengan novel coronavirus menyebabkan wabah penyakit pernapasan yang dimulai di kota Wuhan, Provinsi Hubei, Tiongkok. Wabah ini dimulai pada awal Desember 2019 dan terus berkembang. 

    Pejabat kesehatan Tiongkok telah melaporkan ribuan kasus di kota Wuhan dan penyakit parah telah dilaporkan, termasuk kematian.

    Dilansir dari Centers for Disease Control (CDC) atau Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat menyebutkan bahwa virus Korona masih satu family dengan virus mematikan lainnya yaitu severe acute respiratory syndrome (SARS) coronavirus dan Middle East respiratory syndrome (MERS) coronavirus.

    Tanda dan gejala penyakit ini di antaranya adalah demam, batuk, dan kesulitan bernapas. Coronavirus novel ini berpotensi menyebabkan penyakit parah dan kematian. 

    Informasi awal menyebutkan bahwa orang yang berusia lanjut atau individu yang memiliki kondisi kesehatan tertentu atau masalah pada sistem kekebalan tubuh memiliki risiko lebih tinggu untuk terkena penyakit ini.

    Dan bagi mereka yang harus melakukan traveling, CDC memberikan tips yang bisa dilakukan agar tidak terkena virus tersebut:

    1. Hindari kontak dengan orang sakit

    2. Hindari hewan (baik hidup atau mati), pasar hewan, dan produk yang berasal dari hewan (seperti daging mentah)

    3. Sering mencuci tangan menggunakan sabun dan air setidaknya selama 20 detik. Gunakan pembersih tangan berbahan dasar alkohol jika sabun dan air tidak tersedia

    4. Mereka yang sudah berusia lanjut atau memiliki kondisi kesehatan sebelumnya memiliki risiko yang tinggi terhadap penyakit ini sehingga lebih baik melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan petugas kesehatan

    5. Meskipun pola penyebaran virus ini masih belum ditentukan secara pasti, CDC merekomendasikan untuk melakukan pendekatan yang waspada terhadap pasien yang diduga terkena virus tersebut. Salah satunya adalah dengan menyarankan pasien untuk menggunakan masker sesaat setelah diduga teridentifikasi virus Korona.




    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id