Menjaga Keseimbangan Kehidupan Pribadi dan Profesi

    Dhaifurrakhman Abas - 13 Maret 2019 13:16 WIB
    Menjaga Keseimbangan Kehidupan Pribadi dan Profesi
    Fokus pada produktivitas kerja Anda selama jam kantor. Lakukan manajemen kerja yang cerdas bagi Anda. (Foto: Pexels.com)
    Pekerjaan kantor menyita waktu Anda. Salah satu langkah untuk mencapai keseimbangan pribadi dan profesi adalah cara cerdas memprioritaskan diri. Kelola waktu secara efisien, fokus pada produktivitas kerja Anda selama jam kantor, dan jangan lupa untuk berolahraga.


    Jakarta:
    Tak bisa disangkal. Seringkali tempat kerja bak jadi rumah kedua. Sebab begitu banyak waktu yang dihabiskan di kantor karena terlampau sibuk bekerja.

    Tak pelak, rutinitas kantor membuat kebiasaan menjadi berubah. Misalnya kebiasaan berolahraga yang kini tak lagi dilakukan lantaran jadwal kerja yang menumpuk.

    Akibatnya keseimbangan hidup pribadi dan profesi menjadi kacau balau dan tak tercapai. Nah, jika Anda ingin mendapatkan keseimbangan tersebut, Anda perlu menerapkan hal-hal yang ditawarkan Times of India.

    1. Prioritaskan pekerjaan Anda dengan cerdas

    Langkah pertama untuk mencapai keseimbangan ini adalah belajar memprioritaskan pekerjaan harian Anda. Mungkin ada 20 tugas dalam daftar tugas Anda, tetapi Anda harus fokus pada tugas-tugas penting terlebih dahulu.

    Setelah semua kelar, Anda bisa melanjutkan pada tugas-tugas yang tidak jadi prioritas. Dengan melakukan manajemen tersebut, akan membantu Anda mengelola waktu secara efisien, menyelamatkan Anda dari tekanan tenggat waktu, dan tetap hidup teratur sepanjang hari.

    (Baca juga: Lima Tips Menjaga Kesehatan untuk Pekerja Kantoran)

    Menjaga Keseimbangan Kehidupan Pribadi dan Profesi
    (Nikmati diri Anda ketika bersama keluarga. Foto: Pexels.com)

    2. Perhatikan istirahat kerja Anda

    Sangat penting untuk bangun dari meja kerja Anda setelah setiap jam. Lalu istirahat sejenak sekitar lima menit untuk melakukan penyegaran.

    Tetapi saat melakukannya, pastikan Anda tidak melakukan pembicaraan kecil dengan kolega Anda hingga menghabiskan waktu  selama berjam-jam atau pergi begitu lama. Ingat, Anda harus tetap di kantor untuk menyelesaikan pekerjaan Anda.

    Fokus pada produktivitas kerja Anda selama jam kantor, dan cobalah untuk tidak menerima terlalu banyak panggilan pribadi. Anda juga harus menjuahkan diri dari godaan memainkan media sosial saat jam kerja berlangsung.

    3. Belajarlah untuk mengatakan tidak

    Pelajari seni mengatakan 'tidak'. Mulailah menolak permintaan dari rekan untuk menghadiri pertemuan yang bisa dilakukan tanpa kehadiran Anda.

    Anda boleh saja sesekali melakukan kegiatan tersebut. Asalkan jangan sampai terbebani, apalagi mengganggu produktivitas Anda dalam pekerjaan.

    3. Jaga kesehatan

    Luangkan waktu dari rutinitas harian Anda untuk berolahraga. Anda juga harus menjaga pola makan yang sehat. Ingat, Anda akan dapat berkonsentrasi lebih baik di tempat kerja dan memberikan 100 persen Anda, hanya ketika memiliki pikiran dan tubuh yang sehat.

    4. Waktu bersama keluarga

    Apakah Anda merasa menyisihkan waktu bersama keluarga akhir-akhir ini sulit dilakukan karena terlampau sibuk bekerja? Nah, coba lakukan trik ini.

    Saat bekerja, fokus hanya pada pekerjaan Anda selama jam kantor. Sementara saat sedang berada di rumah, habiskan waktu berkualitas bersama keluarga Anda.

    Sampai dan kecuali sangat mendesak, jangan periksa email resmi atau grup obrolan kantor ketika berada di rumah.

    Juga, pastikan Anda mendapatkan cukup waktu “me time” agar Anda mendapatkan kehidupan pribadi dan profesional secara adil. Menjaga keseimbangan kehidupan pribadi dan profesi bisa Anda lakukan.





    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id