• DONASI PALU/DONGGALA :
    Tanggal 14 NOV 2018 - RP 51.052.810.215

  • Salurkan Donasi Anda: (BCA - 309.500.6005) A/n Yayasan Media Group

  • Salurkan Donasi Anda: (Mandiri - 117.0000.99.77.00) A/n Yayasan Media Group

  • Salurkan Donasi Anda: (BRI - 0398.01.0000.53.303) A/n Yayasan Media Group

Manfaat Free Time bagi Kesehatan Mental Anda

Raka Lestari - 06 November 2018 12:45 wib
Menurut para ahli menyediakan waktu luang untuk diri sendiri
Menurut para ahli menyediakan waktu luang untuk diri sendiri setiap harinya adalah sesuatu yang benar-benar diperlukan. (Foto: Alejandro Alvarez/Unsplash.com)

Jakarta: Memiliki free time atau waktu luang bagi diri sendiri memiliki manfaat positif bagi kesehatan jiwa. Namun seberapa banyak waktu luang yang harus disediakan bagi tubuh Anda? Mungkin jawabnya akan berbeda-beda setiap individu.

Dan memang, menurut para ahli menyediakan waktu luang untuk diri sendiri setiap harinya adalah sesuatu yang benar-benar diperlukan untuk meningkatkan kesejahteraan mental Anda secara keseluruhan.

Menurut konselor dan relationship expert, David Bennett, secara umum yang terbaik adalah melihat waktu luang Anda sebagai waktu yang bisa Anda kendalikan, dan bukanlah waktu di mana Anda dikendalikan oleh orang lain atau suatu hal seperti manajer di kantor, orang tua, atau bahkan anggota keluarga lainnya.

Adapun berapa banyak waktu luang yang harus Anda berikan sendiri setiap hari, Bennett mengatakan itu agak sulit untuk ditentukan karena itu pasti tergantung pada setiap orang dan gaya hidup mereka.  

Namun, menurut Bennett, Anda sebaiknya harus memberi waktu lebih banyak untuk diri sendiri daripada yang Anda kira sebenarnya Anda butuhkan.

Dengan kata lain, dia mengatakan ada kemungkinan besar selama ini Anda meremehkan waktu luang yang perlu Anda sediakan untuk kesejahteraan Anda.


(Menurut Bennett, konselor dan relationship expert Anda sebaiknya harus memberi waktu lebih banyak untuk diri sendiri daripada yang Anda kira sebenarnya Anda butuhkan. Foto: Bo Quan Nguyn/Unsplash.com)

(Baca juga: Pentingnya Aktivitas di Luar Sekolah bagi Si Kecil)

"Waktu luang sangat penting," kata Bennett kepada Elite daily. "Dan jika Anda merasa seolah-olah sebagian besar hidup Anda berada di bawah kendali orang atau organisasi lain, mungkin itu adalah sesuatu yang ingin Anda perlukan."

Jamie Gruman, Ph.D. seorang psikolog, profesor, dan ketua pendiri Canadian Positive Psychology Association mengatakan bahwa, "Salah satu kebutuhan dasar manusia yang kita miliki adalah kebutuhan akan otonomi, yang melibatkan kebutuhan bagi kita untuk merasa bebas menentukan pilihan dalam hidup."

Menurut Dr Gruman, "Waktu luang memenuhi kebutuhan otonomi itu dan karena itu adalah kebutuhan, itu harus dipenuhi jika kita ingin berkembang sebagai individu," tambahnya.

"Memiliki waktu luang, bahkan dalam waktu singkat dapat memenuhi kebutuhan ini jika waktu tersebut digunakan secara efektif," pungkasnya.




(TIN)


BACA JUGA
BERITA LAINNYA

Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.