MAGHRIB 17:47

    Untuk Jakarta dan sekitarnya

    IMSAK 04:26
    SUBUH 04:36
    DZUHUR 11:53
    ASHAR 15:14
    ISYA 19:00

    Download Jadwal Imsakiyah

    Agar Kehidupan Seks Tetap Bergairah bagi Penderita Psoriasis

    Anda Nurlaila - 05 April 2019 16:06 WIB
    Agar Kehidupan Seks Tetap Bergairah bagi Penderita Psoriasis
    Saat bersama pasangan, bersikap jujur dan jelaskan bahwa psoriasis tidak menyebar melalui ciuman, pelukan, atau bercinta. (Foto: Pexels.com)
    Psoriasis adalah peradangan pada kulit yang ditandai dengan ruam merah, kulit kering, tebal, bersisik, dan mudah terkelupas. Psoriasis lebih sering muncul di daerah lutut, siku, punggung bagian bawah, dan kulit kepala. Selain itu juga disertai dengan gatal dan nyeri. Saat bersama pasangan, bersikap jujur dan jelaskan bahwa psoriasis tidak menyebar melalui ciuman, pelukan, atau bercinta. 


    Jakarta:
    Hubungan seks dengan pasangan romantis bisa menjadi sesuatu yang sangat mengganggu atau menyakitkan pada mereka dengan psoriasis. Aktivitas intim bahkan dapat membuat gejala yang dirasakan memburuk.
    Tetapi tidak berarti Anda harus menghindari hubungan intim. Kondisi psoriasis seharusnya tidak menghalangi kehidupan cinta yang sehat dan memuaskan. Berikut beberapa cara menangani kehidupan seks meski memiliki psoriasis, seperti dimuat WebMD:

    1. Bicarakan dengan pasangan 

    Saat bersama pasangan, bersikap jujur tentang psoriasis yang Anda miliki. Jelaskan bahwa itu tidak menyebar melalui ciuman, pelukan, atau bercinta. Karena psoriasis di sekitar pangkal paha dan alat kelamin bisa terlihat seperti PMS, Anda mungkin perlu meyakinkan pasangan bahwa itu bukan infeksi.

    Beri tahu mereka jika hubungan seks menyakitkan. Seks hanyalah salah satu bagian dari keintiman. Jelajahi cara-cara lain untuk bersentuhan dan bersama. Hal ini membuat seks lebih baik di waktu berikutnya.

    Agar Kehidupan Seks Tetap Bergairah bagi Penderita Psoriasis
    (Saat bersama pasangan, bersikap jujur dan jelaskan bahwa psoriasis tidak menyebar melalui ciuman, pelukan, atau bercinta. Foto: Pexels.com)

    2. Atur suasana hati

    Gunakan pakaian dalam yang dapat meningkatkan percaya diri. Pakaian dalam dari sutra, linen, atau katun nyaman dan tidak menempel pada kulit yang kering dan pecah-pecah. Hindari memakai kain sintetis seperti nilon atau poliester tahan panas yang bisa menempel dan memicu ruam.

    Hal sama pada seprai, pilih serat alami. Tempat tidur berwarna putih atau terang akan membantu menyembunyikan serpihan kulit. Sementara warna gelap tidak akan menunjukkan jejak darah. Gunakan hal-hal yang dapat menenangkan, seperti cahaya redup, musik lembut dan lilin aromaterapi. 

    (Baca juga: Kapan Waktu Terbaik untuk Bercinta?)

    3. Gunakan pelumas

    Pelumas membantu mengurangi gesekan yang bisa membuat seks terasa menyakitkan. Pastikan untuk memilih yang memiliki efek mendinginkan dengan   kandungan mint dan rempah menenangkan lainnya. 

    Atau Anda bisa membuat pelumas sendiri dengan minyak kelapa. Ini membuat kulit tetap lembap dan dapat menenangkan rasa terbakar dan gatal. Kondom berpelumas juga mengurangi iritasi. Lebih baik menggunakan kondom non-lateks. Sebab beberapa perawatan psoriasis genital dapat menyebabkan kondom lateks bocor atau pecah.

    4. Jaga kulit

    Setelah berhubungan seks, bersihkan alat kelamin dan kulit dengan lembut, lalu kenakan obat psoriasis dan pelembap. Kelembapan adalah kunci untuk menjaga kesehatan kulit. 

    Cari krim wajah dan tubuh tanpa alkohol, pewangi, atau pewarna untuk menghindari iritasi. Atau gunakan minyak alami seperti minyak kelapa dan alpukat. Oleskan setelah mandi atau mandi saat kulit masih lembap, dan kapan pun kulit terasa kering.

    5. Jaga stres tetap terkendali

    Stres dapat memicu pergeseran hormon dan mematikan gairah seks. Stres juga pemicu umum yang meningkatkan gejala psoriasis. Menerima psoriasis sebagai bagian dari hidup adalah langkah penting. Siapa pun yang berhubungan seks dengan Anda harus menerima dan menginginkan semua kondisi Anda. 

    Pertimbangkan konseling atau terapi untuk membangun harga diri dan kepercayaan diri. Olahraga teratur akan melepaskan endorfin yang meningkatkan mood dan membantu mengatur ulang keseimbangan hormon seks.

    Yoga, meditasi, dan tawa hanya 10 menit sehari juga dapat meredakan ketegangan dan memulihkan libido.

    6. Jangan terburu-buru

    Beri kesempatan agar kalian saling mengenal dan membangun kepercayaan. Anda akan merasa lebih mudah merasa bebas dan seksi saat berhubungan seks.






    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id