Yang Terjadi pada Otak Ketika Nonton Live Video Instagram

    Kumara Anggita - 20 Mei 2020 22:53 WIB
    Yang Terjadi pada Otak Ketika Nonton Live Video Instagram
    Apa yang terjadi ketika kita melihat live Instagram bintang favorit kita? Berikut ulasannya. (Foto: Pexels.com)
    Jakarta: Dalam masa karantina ini, Instagram live muncul di mana-mana. Koki, profesional trainer, pelukis membagikan kontennya dan para followers pun dengan senang hati menikmatinya.

    Kira-kira saat sedang menonton video tersebut, apa yang terjadi pada otak ya? Bustle meringkas beberapa hal, di antaranya menonton live instagram secara psikologis sama seperti Anda bertemu dengan penulis favorit Anda atau menabrak selebriti di kedai kopi. 

    Pada dasarnya, pikiran Anda dipenuhi dengan perasaan kabur, hangat yang terkait dengan peluang, perhatian khusus, dan penghargaan.

    Live Instagram memberikan keintiman tersendiri daripada Anda scrolling Instagram mereka. Ketika Anda bergabung dengan live Instagram tersebut dan melihat nama Anda masuk daftar peserta, Anda langsung berada di tempat. Anda telah memasuki obrolan! 

    Tidak ada badan penelitian signifikan yang mengamati aktivitas otak selama Instagram Live, tetapi neuropsikolog Dr. Sanam Hafeez, Psy.D mengatakan bahwa interaksi waktu nyata, terutama dengan seseorang yang Anda kagumi, dapat sangat memuaskan baik secara neurologis dan psikologis.

    "Ketika menonton Instagram Live, otak kita mencatat pengalaman itu sebagai sebuah percakapan karena kita dapat memposting pertanyaan dan komentar, yang kita tahu dapat dibaca oleh pembuatnya, dan ditanggapi," katanya.

    Ini menciptakan peluang dan kemungkinan yang meningkatkan keterlibatan Anda. Ini bukan jenis pengalaman pasif yang sama yang Anda miliki ketika Anda menonton wawancara atau melihat cerita yang direkam sebelumnya. 

    “Otak Anda dalam keadaan siaga, dan menunggu sejenak untuk memulai percakapan,” katanya. Pengalaman ini secara fisiologis membangunkan saraf kegembiraan yang mungkin Anda rasakan jika Anda bertemu seseorang yang biasanya tidak Anda ajak bicara. 

    "Perasaan yang sama dapat terjadi ketika seorang selebriti atau influencer berteriak kepada Anda di Instagram atau menjawab pertanyaan Anda," kata Dr. Hafeez.

    Dia menambahkan bahwa otak melepaskan bahan kimia hadiah positif ketika kita mendengarkan dan mengirim komentar karena kami merasa seperti telah diakui. Jadi, bila Anda ingin menyenangkan diri Anda, bergabunglah pada live Instagram orang yang Anda kagumi. Mudah sekali bukan?



    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id