Apakah Jus Cranberry Efektif Tangani Infeksi Saluran Kemih?

    Sunnaholomi Halakrispen - 20 Mei 2020 12:09 WIB
    Apakah Jus Cranberry Efektif Tangani Infeksi Saluran Kemih?
    Ilustrasi-Pexels
    Jakarta: Sejumlah orang meyakini bahwa mengonsumsi jus cranberry efektif dalam menangani infeksi saluran kemih. Namun, seorang dokter berlawanan dengan kepercayaan umum itu, karena baginya jus cranberry tidak menyembuhkan infeksi saluran kemih.

    Banyak orang minum jus cranberry dalam upaya untuk meringankan gejala mereka, tetapi itu tidak akan membantu mereka. Hal ini disampaikan oleh Dr. Timothy Boone, wakil dekan Fakultas Kedokteran Pusat Ilmu Kesehatan A&M Texas, kampus Houston.

    "Jus cranberry, terutama jus yang Anda temukan di toko bahan makanan, tidak akan mengobati ISK (infeksi saluran kemih) atau infeksi kandung kemih," ujar Dr. Boone, dikutip dari WebMD.

    "Ini dapat menawarkan lebih banyak hidrasi dan mungkin mencuci bakteri dari tubuh Anda lebih efektif, tetapi bahan aktif dalam cranberry sudah lama hilang pada saat mencapai kandung kemih Anda," tambahnya.

    Sementara itu, setiap tahunnya, lebih dari 3 juta orang Amerika memiliki infeksi saluran kemih. Lebih jelasnya, infeksi di bagian manapun dari sistem kemih, ginjal, kandung kemih atau uretra.

    Dr. Boone menekankan bahwa bahan aktif dalam cranberry, A-type proanthocyanidins (PACs), efektif melawan bakteri penyebab ISK. Tetapi, hanya ditemukan dalam kapsul cranberry, bukan dalam jus cranberry.

    "Dibutuhkan konsentrasi cranberry yang sangat besar untuk mencegah adhesi bakteri. Jumlah konsentrasi ini tidak ditemukan dalam jus yang kita minum. Ada kemungkinan itu lebih kuat di zaman kakek-nenek kita, tapi jelas tidak di zaman modern," paparnya.

    Namun, satu studi menemukan bahwa mengonsumsi kapsul cranberry bisa mengurangi risiko infeksi saluran kemih. Setidaknya sebesar 50 persen pada wanita yang memiliki kateter saat menjalani operasi ginekologi.

    "Dalam penelitian ini, mereka mengambil cranberry itu sendiri dan memasukkannya ke dalam kapsul, setara dengan minum 16 ons jus cranberry. Seperti yang Anda lihat, dibutuhkan sejumlah besar cranberry murni untuk mencegah infeksi," pungkasnya.


    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id