3 Metode Medis Mengeluarkan Batu Ginjal

    Sunnaholomi Halakrispen - 16 September 2020 07:12 WIB
    3 Metode Medis Mengeluarkan Batu Ginjal
    Ilustrasi-Freepik
    Jakarta: Batu ginjal merupakan kondisi menggumpalnya senyawa di saluran kemih, yang biasanya ditemukan dalam urine. Siapa pun bisa terkena penyakit batu ginjal.

    Dikutip dari Insider, meskipun sangat menyakitkan untuk mengeluarkan batu ginjal, sering kali intervensi medis tidak diperlukan. Namun, jika rasa sakitnya semakin terasa, Anda bisa meminta obat pereda nyeri ke dokter.

    Dokter Anda mungkin juga meresepkan obat seperti tamsulosin atau nifedipine untuk mengendurkan ureter. Sehingga, Anda lebih mudah mengeluarkan batu tersebut.

    Jika Anda tidak bisa buang air kecil, ada darah di urine Anda, atau Anda mengalami mual, muntah, demam, atau kedinginan, Anda harus menghubungi dokter Anda. Dalam kasus ini, dokter Anda mungkin menggunakan salah satu metode berikut untuk memecah dan mengangkat batu.

    1. Ureteroskopi

    Sebuah ruang lingkup kecil dengan kamera kecil dipasang di uretra dan ke dalam ureter. Hal ini memungkinkan dokter Anda menemukan batu dan mengeluarkannya, atau bahkan memecahkannya dengan laser. Sehingga dapat dikeluarkan menjadi potongan-potongan yang lebih kecil.

    Ahli Urologi di Maine Medical Center Johann Ingimarsson, MD, mengatakan bahwa pendekatan ini memiliki tingkat keberhasilan terbaik. Sebab, Anda benar-benar melihat batunya, tetapi ada lebih banyak masa pemulihan dan itu bisa menyakitkan.

    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id