5 Tips Menghadapi Social Distancing dalam Kasus Covid-19

    Raka Lestari - 16 Maret 2020 15:02 WIB
    5 Tips Menghadapi Social Distancing dalam Kasus Covid-19
    Ketika ketidaknyamanan muncul dalam diri Anda, alihkan dengan aktivitas yang menyenangkan misalnya bermain board game. (Foto: Pexels.com)
    Jakarta: Seiring dengan meningkatnya kasus virus korona covid-19 di Indonesia, pemerintah pun menganjurkan untuk melakukan social distancing measure, yaitu anjuran berdiam di rumah untuk memutus penyebaran covid-19.

    Pemprov DKI Jakarta merupakan salah satu daerah yang sudah menerapkan aturan ini. Hal ini tentu dapat menyebabkan ketidaknyamanan psikis dari anjuran ini.

    Dan berikut ini adalah beberapa tips yang dapat dilakukan oleh masyarakat mengenai social distancing dari Perhimpunan Dokter SPesialis Kedokteran Jiwa DKI Jakarta (PDSKJIJAYA):

    1. Menerima bahwa rasa tidak nyaman yang muncul adalah kewajaran 

    Penerimaan munculnya kecemasan atau perasan lain dalam diri, akan membantu mengelola perilaku. Penolakan perasaan yang muncul justru akan membuat perasaan itu semakin besar dan semakin tidak terkontrol.

    2. Komunikasi dengan orang yang dapat membuat Anda nyaman

    Tidak boleh berada dekat dengan orang lain, tidak berarti tidak boleh berkomunikasi. Pemanfaatan technology-based communication membuat Anda tetap bisa berkomunikasi dengan kerabat Anda. Berbagi perasaan merupakan hal yang efektif dalam mengelola emosi

    3. Terapkan pola hidup bersih sehat

    Tidur teratur, melakukan aktivitas fisik yang bisa dilakukan dalam ruangan, cuci tangan berkala, relaksasi, menghirup udara segar di pekarangan atau balkon, dan makan makanan bergizi merupakan aktivitas yang dapat bermanfaat untuk menjaga imunitas tubuh

    4. Pantau informasi perkembangan keadaan pada sumber yang tepat

    Hindari laporan media atau broadcast chat yang sumbernya tidak jelas dan cenderung mengkhawatirkan. Cari sumber yang terpercaya seperti situs website WHO atau dinas kesehatan setempat atau Kementerian Kesehatan RI. Jangan ikut menyebarkan informasi yang belum pasti

    5. Ketika ketidaknyamanan muncul, alihkan dengan aktivitas yang menyenangkan

    Gunakan cara-cara yang sebelumnya efektif untuk mengatasi kesulitan hidup Anda. Sebisa mungkin batasi penggunaan gadget dan aliihkan dengan berbagai aktivitas lain seperti bermain boardgame, bermain dengan keluarga, membaca buku, menonton film, memasak, menata rumah, mendengarkan musik, atau berdoa. Lakukan aktivitas yang membantu Anda untuk fokus terhadap saat ini.



    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id