• DONASI PALU/DONGGALA :
    Tanggal 14 NOV 2018 - RP 51.052.810.215

  • Salurkan Donasi Anda: (BCA - 309.500.6005) A/n Yayasan Media Group

  • Salurkan Donasi Anda: (Mandiri - 117.0000.99.77.00) A/n Yayasan Media Group

  • Salurkan Donasi Anda: (BRI - 0398.01.0000.53.303) A/n Yayasan Media Group

Tips Meredakan Kembung Saat Haid

Torie Natalova - 14 September 2018 18:53 wib
Ada beberapa cara untuk menghilangnya kembung selama haid
Ada beberapa cara untuk menghilangnya kembung selama haid seperti berikut ini. (Foto: Riccardo Mion/Unsplash.com)

Jakarta: Setiap satu bulan sekali, kebanyakan wanita mengalami haid yang menimbulkan kram perut dan lemas. Selain kram perut, wanita juga seringkali menderita karena perut kembung.

Menurut Dokter Kandungan Meggie Smith, ketika kadar estrogen lebih tinggi, tubuh kita cenderung menahan air. Progesteron yang tinggi di paruh kedua siklus Anda, dapat membuat saluran pencernaan lebih lambat.

Kabar baiknya, ada beberapa cara untuk menghilangnya kembung selama haid seperti berikut ini.

1. Perbanyak protein dan makanan tinggi potasium
Makanan tinggi potasium seperti pisang, blewah, tomat dan asparagus membantu keseimbangan cairan yang baik. Lemak sehat seperti chia, kacang, dan salmon juga membantu kelompok hormon yang menyebabkan kembung lebih rendah. Protein seperti ayam, ikan dan tahu juga bisa membantu meredakan kembung.

(Baca juga: Usia Pertama Haid Pengaruhi Kondisi Kesehatan Wanita)

2. Hindari kafein
Sebelum haid datang, hindari terlalu banyak minum kafein seperti kopi. Karena kopi dapat merangsang saluran pencernaan dan mengiritasi usus serta membuat tubuh dehidrasi yang menyebabkan Anda dapat menahan air dalam perut.


(Sebelum haid datang, hindari terlalu banyak minum kafein seperti kopi. Foto: Rizky Subagja/Unsplash.com)

3. Hindari minuman bersoda dan manis
Minuman bersoda mungkin dapat menghilangkan dahaga sementara, tapi ini akan membuat perut lebih kembung. Jangan minum minuman dengan pemanis karena ini juga dapat membuat perut kembung.

4. Tidur cukup
Tidur yang cukup sangat penting untuk membantu menghilangkan kelebihan cairan di perut yang dapat kembali ke tubuh lalu dihilangkan selama tidur.

5. Lebih sering masak di rumah
Membuat makanan Anda sendiri di rumah dapat menurunkan kembung secara drastis. Ini karena banyak garam tersembunyi yang ada di makanan restoran atau makanan olahan, tanpa kita sadari.

6. Jangan terlalu banyak serat
Serat dalam buah dan sayuran memang baik, tapi jika Anda tiba-tiba mengonsumsinya dalam jumlah besar selama haid, Anda mungkin akan mengalami peningkatan kembung karena tubuh tidak terbiasa serat. 




(TIN)


BACA JUGA
BERITA LAINNYA

Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.