Cara Mengatasi Rasa Tidak Nyaman di Persendian

    Raka Lestari - 08 November 2019 12:57 WIB
    Cara Mengatasi Rasa Tidak Nyaman di Persendian
    Olahraga bisa menghindari Anda dari nyeri sendi (Foto: Frank Cone/Pexels)
    Jakarta: Rasa tidak nyaman pada persendian merupakan hal yang dialami oleh banyak orang. Namun kebanyakan orang yang mengalami tidak mengetahui cara untuk mengatasinya.

    Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi rasa tidak nyaman pada persendian yang mungkin belum banyak diketahui oleh masyarakat. Seperti dilansir dari Reader’s Digest, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa tidak nyaman pada persendian:

    -Tetap melakukan olahraga ringan

    Menurut Thanu Jeyapalan, CSCS, FCE, D.C, seorang Chiropractor, jika Anda merasa tidak nyaman kuncinya adalah dengan bergerak. Persendian kita terdiri dari kapsul dan terdapat cairan sinovial dalam kapsul itu

    “Cairan sinovial berfungsi sebagai pelumas untuk membantu sendi bergerak dengan lebih sedikit rasa sakit, dan mengurangi keausan. Gerakan teratur dan olahraga rendah stres adalah cara terbaik untuk mendorong tubuh meningkatkan cairan ini dan membantu melawan rasa sakit yang mengganggu," terangnya.

    -Menurunkan berat badan

    Menurunkan berat badan bagi mereka yang mengalami obesitas dapat meningkatkan kesehatan. Termasuk kesehatan sendi.

    "Untuk setiap satu pon berat badan yang Anda turunkan, itu berarti berkurang empat pon tekanan pada lutut Anda. Sedikit tekanan pada lutut Anda akan membantu mencegah kerusakan tulang rawan terjadi," kata Allen Conrad, BS, DC, CSCS.

    Ketika Anda ingin menurunkan berat badan saat mengalami ketidaknyamanan sendi, Dr Conrad merekomendasikan latihan kekuatan, peregangan, dan yoga bagi mereka yang berharap dapat memperkuat dan mendukung persendian mereka.

    -Perubahan pola makan atau diet

    “Mengonsumsi makanan seimbang yang kaya akan omega-3, dikombinasikan dengan mempertahankan berat badan dapat memiliki efek jangka panjang untuk mencegah kerusakan tulang rawan sendi, tetapi makan banyak ikan tidak akan membuat tulang rawan Anda tumbuh kembali,” ujar Dr Conrad.

    Makanan yang tinggi antioksidan telah terbukti dalam mencegah kerusakan tulang rawan, tetapi tidak dapat meregenerasinya. Beberapa contoh yang direkomendasikan untuk membantu mencegah degenerasi tulang rawan adalah extra virgin coconut oil, ikan berlemak seperti tuna dan salmon, kacang-kacangan, dan makanan tinggi asam lemak omega-3.

    -Melakukan thermal therapy

    Menggunakan panas dan es untuk mengobati ketidaknyamanan sendi adalah pilihan yang sudah teruji dan terbukti bagi banyak orang. Jika Anda mengalami sendi kaku pada pagi hari, mandi air hangat atau menggunakan heat pack pada bagian yang terasa kaku dapat membantu.

    "Akan tetapi jika rasa tidak nyaman pada sendi bukan hanya rasa kaku, menggunakan es batu merupakan cara yang terbaik untuk mengurang inflamasi dan meredakan nyeri,” ujar Dr Jeyapalan.



    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id