Usia Ini Saat Anak Alami Gigi Copot Pertama Kali

    Raka Lestari - 14 Oktober 2019 15:40 WIB
    Usia Ini Saat Anak Alami Gigi Copot Pertama Kali
    Faktor genetik memainkan peran penting pada usia seorang anak akan kehilangan gigi. (Foto: Pexels.com)
    Jakarta: Mengalami gigi tanggal merupakan hal yang akan dialami, terutama pada anak-anak untuk mengganti gigi susu mereka. Dan tentunya itu merupakan hal yang normal dialami oleh anak-anak.

    Gigi mereka tersebut bisa saja tanggal secara tiba-tiba atau harus memerlukan bantuan dokter untuk mencabut gigi mereka.

    "Sebagian besar anak-anak mulai kehilangan gigi susu mereka pada usia sekitar lima tahun," kata Dr Ron Baise, seorang dokter gigi anak kepada Romper.

    Anak-anak biasanya memulainya dengan dua gigi depan, yang juga disebut gigi seri. Gigi seri biasanya merupakan gigi yang pertama tanggal, sedangkan gigi geraham biasanya akan tanggal pada usia sekitar tujuh atau delapan tahun.

    Eric Wood Jr., kepala dokter gigi anak-anak di Smile Brands, Inc., menjelaskan bahwa sebagian besar anak-anak mulai kehilangan gigi susu mereka sekitar usia enam tahun, tetapi itu tergantung pada anak-anak itu sendiri.

    "Kadang-kadang anak perempuan mengalami gigi tanggal lebih muda dibandingkan anak laki-laki, mungkin sekitar usia lima tahun," katanya.

    Usia Ini Saat Anak Alami Gigi Copot Pertama Kali
    (Gigi seri biasanya merupakan gigi yang pertama tanggal. Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)

    Salah satu perkembangan gigi lainnya juga terjadi pada usia lima atau enam tahun. "Umumnya pada sekitar usia lima atau enam tahun, anak-anak mulai mendapatkan gigi geraham permanen pertama mereka di setiap sudut belakang mulut mereka. Ini juga sering disebut six years molars," jelas Kelly Hancock, seorang ahli kesehatan gigi.

    Namun beberapa anak mungkin tidak mengalami gigi yang tanggal pada usia-usia tersebut. Dr Blaise mengatakan, "Meskipun jarang terjadi, beberapa anak memiliki satu set gigi lengkap."

    Dan jika anak Anda belum kehilangan gigi susu mereka pada usia delapan tahun, Dr Blaise merekomendasikan untuk membawa anak Anda ke dokter gigi.

    "Faktor genetik memainkan peran penting pada usia seorang anak akan kehilangan gigi dan kemungkinan mereka tidak akan kehilangan gigi primer sama sekali," ujar Dr Wood.

    Jika ini masalahnya, dokter gigi anak Anda dapat melakukan rontgen untuk melihat apakah mereka memiliki set gigi kedua tanpa kehilangan gigi primer mereka sama sekali.





    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id