Nutrive Benecol

    Penyebab Kadar Kolesterol Naik Turun

    Rosa Anggreati - 14 Juni 2019 07:00 WIB
    Penyebab Kadar Kolesterol Naik Turun
    Makanan dapat menyebabkan kadar kolesterol berfluktuasi. Misalnya, lemak jenuh dan lemak trans yang meningkatkan kadar kolesterol darah. (Foto: Shutterstock)
    Jakarta: Kadar kolesterol tidak selamanya stabil. Ia kerap berfluktuasi, naik dan turun. Tingkat kolesterol berfluktuasi sebanyak 10 persen dari satu bulan ke bulan lain.

    Untuk Anda ketahui, kolesterol adalah zat seperti lemak yang diproduksi oleh hati. Tubuh Anda menggunakan kolesterol untuk mendukung membran sel menghasilkan vitamin D, menstimulasi produksi hormon, dan membuat asam empedu diperlukan untuk pencernaan lemak. 

    Normalnya, kadar kolesterol total tak boleh lebih dari 200 mg/dL. Jumlah kadar kolesterol 200-239 mg/dL termasuk ambang batas tinggi. Jika jumlahnya mencapai 240 mg/dL atau lebih, termasuk tingkat kolesterol tinggi.

    Naik turunnya kadar kolesterol ini terjadi akibat faktor metabolisme normal. Selain itu, dilansir Healthyeating.sfgate.com, ada juga beberapa faktor lain yang memicu kolesterol berfluktuasi.

    1. Makanan

    Makanan dapat menyebabkan kadar kolesterol berfluktuasi. Misalnya, lemak jenuh dan lemak trans yang meningkatkan kadar kolesterol darah. 

    Untuk mendapatkan hasil yang akurat saat memeriksa kadar kolesterol, American Heart Association menganjurkan rutin dilakukan setiap lima tahun, dan dilakukan melalui sampel darah puasa. Berpuasa berarti Anda menahan diri untuk tidak makan atau minum apa pun selain air putih selama 9 hingga 12 jam sebelum dokter mengambil sampel darah.

    2. Aktivitas Fisik

    Olahraga juga menyebabkan kolesterol naik turun. Dokter menyarankan pasien dengan kadar kolesterol tinggi agar lebih giat dalam aktivitas fisik untuk membantu mengurangi kolesterol.

    Olahraga terbukti mampu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). University of New Mexico melaporkan bahwa pria yang berolahraga tiga kali seminggu secara signifikan meningkatkan kadar HDL.

    3. Hormon

    Tubuh menggunakan kolesterol untuk menghasilkan hormon steroid, termasuk estrogen. National Institutes of Health melaporkan, kadar kolesterol wanita berfluktuasi hingga 19 persen bergantung pada fase siklus menstruasi bulanan.

    Ketika kadar estrogen meningkat, kadar kolesterol total dan kolesterol jahat (LDL) menurun. Sementara, kadar HDL meningkat. Ini berarti bahwa pada saat ovulasi, ketika kadar estrogen memuncak, kadar kolesterol turun dan mencapai tingkat terendah sesaat sebelum menstruasi dimulai.

    Guna membantu mempertahankan kadar kolesterol pada batas normal, biasakan minum Nutrive Benecol setiap hari. Dianjurkan minum dua sajian setelah makan.

    Nutrive Benecol telah teruji membantu menurunkan kolesterol 7-10 persen dalam 1-2 minggu dan membantu mengurangi risiko jantung koroner.
     
    Nutrive Benecol mengandung Plant Stanol. Ini adalah senyawa alami yang banyak terdapat dalam tanaman yaitu rye, kedelai, sayur-sayuran, minyak sayuran, nasi, buncis, jagung, gandum dan tanaman lainnya. Plant Stanol bekerja dalam tubuh dengan cara berkompetisi dengan kolesterol dan makanan yang masuk dalam saluran cerna agar tidak diserap oleh usus halus.

    Soal rasa, jangan ditanya. Sudah pasti enak! Nutrive Benecol tersedia dalam varian smoothies dengan rasa blackcurrant, strawberry, orange, dan lychee. Ada juga Nutrive Benecol Cereal dengan rasa tak kalah lezat, yaitu vanilla veggie mix dan chocolate. 
     
    Nutrive Benecol, cara enak turunkan kolesterol!




    (ROS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id