Cara Tertidur dalam Waktu Dua Menit

    Kumara Anggita - 16 November 2019 15:07 WIB
    Cara Tertidur dalam Waktu Dua Menit
    Bagi orang terutama mereka yang menderita insomnia, mencoba tidur dapat meningkatkan kecemasan kinerja.(Ilustrasi/Pexels).
    Jakarta: Banyak waktu yang dibutuhkan untuk membuat Anda tertidur di saat pikiran sedang menumpuk. Hal ini bikin frustasi.

    Untuk itu, Anda bisa mengakalinya dengan menerapkan trik pada pikiran Anda. Kuncinya adalah dengan banyak latihan.

    Berikut cara tertidur dalam waktu dua menit yang dilansir dari Healthline.

    Katakan pada diri Anda untuk tetap bangun

    Cara ini disebut juga dengan intensi paradoks. Mengatakan pada diri sendiri untuk tetap bangun mungkin merupakan cara yang baik untuk tertidur lebih cepat.

    Bagi orang terutama mereka yang menderita insomnia, mencoba tidur dapat meningkatkan kecemasan kinerja. Penelitian telah menemukan bahwa orang yang mempraktikkan cara ini tidur lebih cepat daripada mereka yang tidak.

    Visualisasikan tempat yang tenang

    Bila cara paling yang umum untuk membuat Anda tertidur adalah dengan berhitung, ternyata ada cara lain yaitu dengan melibatkan imajinasi Anda.

    Beberapa orang mengatakan bahwa memvisualisasikan sesuatu dapat membuatnya jadi terasa nyata, dan ini bisa   bekerja membuat Anda tertidur. Dalam sebuah studi tahun 2002 dari University of Oxford, para peneliti menemukan bahwa orang-orang yang punya “gangguan gambar” tertidur lebih cepat daripada mereka yang memiliki gangguan umum.

    Gangguan gambar

    Alih-alih menghitung domba, coba bayangkan suasana yang tenang dan rasakan semua perasaan yang menyertainya. Misalnya, Anda bisa membayangkan air terjun, suara gema, air deras, dan aroma lumut basah. Kuncinya adalah membiarkan gambar ini mengambil ruang di otak Anda untuk mencegah diri Anda dari hal-hal yang membuat Anda khawatir sebelum tidur.

    Akupresur untuk tidur

    Salah satu metode adalah menargetkan area yang Anda kenal dan rasakan sangat tegang, seperti bagian atas jembatan hidung atau pelipis.

    Namun, ada juga titik-titik spesifik dalam akupresur yang dilaporkan membantu mengatasi insomnia. Inilah tiga yang bisa Anda lakukan tanpa duduk:

    Akupresur untuk tidur

    Salah satu metode adalah menargetkan area yang Anda kenal dan rasakan sangat tegang, seperti bagian atas hidung atau pelipis. Namun, ada juga titik-titik spesifik dalam akupresur yang dilaporkan membantu mengatasi insomnia.

    Persiapkan diri Anda sepenuhnya sebelum melakukan tekni ini. Jika Anda sudah mencoba metode ini dan masih menemukan diri Anda tidak dapat tertidur dalam 2 menit atau kurang, lihat apakah ada tips lain yang dapat Anda ambil untuk membuat Anda tertidur. Selamat mencoba!





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id