Beberapa Penyebab Kulit Mengelupas

    Raka Lestari - 28 September 2019 19:06 WIB
    Beberapa Penyebab Kulit Mengelupas
    Ilustrasi--(Foto: gettyimages)
    Jakarta: Kulit yang mengelupas pada dasarnya adalah sesuatu yang normal terjadi pada kulit Anda. Hal itu karena kulit yang mengelupas merupakan salah satu pertanda bahwa kulit Anda sedang melakukan regenerasi dan akan digantikan dengan lapisan kulit yang baru.

    Namun apa yang terjadi jika kulit Anda mengelupas secara berlebihan? Tentu ada penyebab mengapa hal itu bisa terjadi.

    Berikut ini adalah beberapa faktor yang mungkin menjadi penyebab kulit Anda mengelupas, seperti dikutip dari thehealthy:

    Kulit kering

    Salah satu penyebab paling umum dari kulit yang mengelupas adalah kulit kering atau eksim ringan pada kulit, menurut Mayo Clinic. Ada banyak alasan untuk kulit kering, termasuk kulit yang terkelupas dan pecah-pecah pada saat cuaca dingin.

    Jika Anda merupakan seseorang yang cenderung mudah mengalami kulit kering, maka cuaca dingin dan berangin akan membuatnya lebih parah. Untuk merawatnya, Anda bisa menggunakan sabun yang lembut dan pelembab untuk kulit Anda.

    Sunburn

    Sinar matahari yang menyengat sebenarnya membunuh lapisan atas kulit, itulah sebabnya kulit Anda mulai mengelupas ketika terkena sinar matahari berlebihan. Untuk itu, penting sekali untuk selalu menggunakan tabir surya dan jangan terlalu lama terkena paparan sinar matahari.

    American Academy of Dermatology menyarankan merawat kulit yang terbakar sinar matahari dan mengelupas dengan meletakkan handuk dingin dan lembab di kulit Anda. Setelah proses tersebut, gunakan pelembab yang mengandung lidah buaya atau kedelai.

    Reaksi alergi

    Alergi adalah penyebab lain dari terjadinya pengelupasan kulit. Salah satu tanda alergi adalah iritasi ringan atau ruam, tetapi reaksi yang lebih serius mungkin dapat membuat kulit Anda mengelupas. Reaksi alergi dapat menyebabkan kerusakan kulit langsung melalui respons peradangan, jelas Ranella Hirsch, MD, presiden Skincare Doctors di Boston, MA.

    "Pengaplikasian kortison secara topical dapat membantu ditambah dengan pelembab," katanya.

    Menurut Rebecca Baxt, MD, dari Baxt CosMedical di New Jersey, kulit yang mengelupas juga dapat terjadi akibat infeksi biasa seperti flu.

    Eksim 

    Eksim atau eczema dapat menyebabkan kulit merah, gatal, dan bersisik, biasanya di lipatan tubuh seperti siku dan lutut, yang terkadang bisa membuat kulit menjadi perih dan mengelupas. Jonathan Kantor, MD, direktur medis di Florida Center for Dermatology mengatakan bahwa itu biasa terjadi pada anak-anak, terutama di bagian dalam lengan, kaki, dan di tempat lain.






    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id