Jenis-jenis Teh yang Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

    Raka Lestari - 22 Januari 2018 09:10 WIB
    Jenis-jenis Teh yang Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan
    Para ilmuwan meneliti manfaat ekstrak teh hitam dalam penelitian hewan, mereka menemukan bahwa teh hitam dapat membantu mencegah kenaikan berat badan saat mengonsumsi makanan berlemak tinggi. (Foto: Pixabay.com)
    Jakarta: Manfaat dari meminum secangkir teh tentunya sudah tidak diragukan lagi. Salah satu manfaat yang diberikan adalah dapat menurunkan berat badan. Teh sendiri memiliki berbagai macam jenis, apa saja jenis teh yang dapat membantu menurunkan berat badan?

    Berikut ini adalah daftar jenis-jenis teh yang dapat membantu menurunkan berat badan, dikutip dari Reader's Digest: 

    1. Teh putih (white tea)
    Teh yang dianggap dapat menurunkan berat badan ini memiliki citarasa yang ringan. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition & Metabolism pada tahun 2009, ekstrak teh putih dapat membantu memecah sel lemak dan mencegah akumulasi jaringan lemak. Hal ini dikarenakan kandungan antioksidannya yang tinggi dari teh ini, terutama yang disebut ECGC.

    2. Teh hijau (green tea)
    Gabungan kafein dan teh hijau yang terkandung dalam teh hijau ini dapat membantu Anda menurunkan berat badan dan mempertahankannya, menurut 11 penelitian di International Journal of Obesity. 

    (Baca juga: Studi: Teh Hangat Bantu Kurangi Risiko Glaukoma)

    Jenis-jenis Teh yang Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan
    (Para ilmuwan meneliti manfaat ekstrak teh hitam dalam penelitian hewan, mereka menemukan bahwa teh hitam dapat membantu mencegah kenaikan berat badan saat mengonsumsi makanan berlemak tinggi. Foto: Pixabay.com)

    3. Teh oolong (oolong tea)
    Teh oolong dapat membantu meningkatkan kemampuan tubuh Anda untuk memetabolisme lemak, menurut sebuah penelitian di tahun 2009 dari para peneliti China. Para peserta yang mengalami obesitas dan kelebihan berat badan mengonsumsi teh oolong selama enam minggu dan sekitar dua pertiga kehilangan lebih dari 2,2 kilogram dan lemak perut 12 persen.

    4. Teh hitam (black tea)
    Para ilmuwan meneliti manfaat ekstrak teh hitam dalam penelitian hewan, mereka menemukan bahwa teh hitam dapat membantu mencegah kenaikan berat badan saat mengonsumsi makanan berlemak tinggi, mungkin karena menghambat penyerapan lemak selama pencernaan. Teh hitam mengandung senyawa tanaman yang disebut polifenol yang berperan dalam pemblokiran lemak.

    5. Teh jahe (ginger tea)
    Mengonsumsi jahe sendiri dapat mengurangi peradangan dan tekanan darah Anda lebih baik. Dalam sebuah studi kecil di jurnal Metabolism, para sukarelawan yang meminum minuman jahe dengan sarapan tercatat lebih sedikit merasa kelaparan  dan rasa kenyang yang lebih besar.










    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id