Apakah Hand Sanitizer Rumahan Aman Buat Anak-anak?

    Kumara Anggita - 18 Maret 2020 08:56 WIB
    Apakah Hand Sanitizer Rumahan Aman Buat Anak-anak?
    Amankah hand sanitizer buatan? Berikut infrormasinya. (Foto: Allie Smith/Unsplash.com)
    Jakarta: Mengingat hand sanitizer saat ini sulit untuk didapatkan, banyak orang berinsisiatif untuk membuatnya sendiri di rumah. Bila Anda juga tertarik membuatnya, ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan di rumah yang dilansir dari parents antara lain:

    Menyiapkan bahan yang terdiri dari

    - 2/3 gelas 99 persen isopropil alkohol (alkohol gosok)

    - 1/3cangkir gel lidah buaya

    - Minyak atsiri (opsional)

    - Wadah kedap udara (botol)

    Cara membuat

    - Campurkan alkohol dan gel lidah buaya

    - Aduk rata bahan-bahan tersebut

    - Tambahkan tetes minyak esensial, jika Anda ingin menambahkan aroma (optional)

    - Pindahkan cairan yang sudah tercampur dalam wadah kedap udara. Anda mungkin membutuhkan corong untuk menghindari cairan tumpah.

    Pastikan anak-anak tidak menjilat pembersih dari tangan mereka. Gunakan hand sanitizer ke kulit mereka sampai benar-benar kering.

    Namun apakah hand sanitizer ini aman untuk digunakan oleh anak-anak?

    Menurut Adena Rosenblatt, M.D., Ph.D, seorang dokter kulit anak di Rumah Sakit Anak Universitas Chicago Comer, bahan-bahan umumnya tidak menjadi sumber masalah. "Menggosok alkohol baik-baik saja untuk anak-anak" di kulit,” katanya.

    Namun, lidah buaya dan minyak esensial yang Anda gunakan mungkin bisa jadi perhatian. "Saya akan sedikit berhati-hati tentang lidah buaya dan minyak esensial karena itu dapat menyebabkan sensitivitas pada beberapa anak," ujarnya.

    “Per Poison Control, banyak minyak atsiri yang dapat menyebabkan ruam ketika digunakan pada kulit. Minyak atsiri bisa menjadi racun ketika diserap melalui kulit, dan lidah buaya dan minyak atsiri bisa menjadi racun ketika tertelan,” ujar Debra M. Langlois, M.D., asisten profesor pediatri di University of Michigan.

    Kekhawatiran lain dengan hand sanitizer buatan sendiri adalah bahwa anak-anak akan menggunakannya secara tidak tepat. Isopropil alkohol bisa beracun dalam jumlah tertentu bagi  anak-anak. "Anak bisa jadi cadel, muntah, sedasi, kesulitan bernapas, gagal pernapasan, dan bahkan kematian ketika tertelan," tulis dari sumber yang sama.

    "Anak-anak juga bisa mendapatkan keracunan alkohol dari menghirup alkohol dalam jumlah besar. Keracunan alkohol adalah keadaan darurat yang membutuhkan perhatian medis segera," kata Dr Langlois.

    Untuk menghindari hal ini terjadi pada anak Anda, selalu simpan pembersih tangan DIY jauh dari anak-anak, dan gunakan di ruangan yang berventilasi baik. Pastikan juga anak-anak tidak menjilat pembersih dari tangan mereka. Gunakan hand sanitizer ke kulit mereka sampai benar-benar kering.



    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id