Alasan Vaksin Influenza Baik untuk Si Kecil

    Kumara Anggita - 07 Juni 2020 16:02 WIB
    Alasan Vaksin Influenza Baik untuk Si Kecil
    Vaksin influenza tidak bisa melindungi Anda dari virus korona. Vaksin ini hanya melindungi Anda dari influenza. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)
    Jakarta: Penyakit yang saat ini paling kita hindari adalah covid-19. Kita sebisa mungkin melakukan berbagai cara agar tak terkena atau menularkannya.

    Semua cara pun dicoba mulai dari physical distancing, menjaga kebersihan, sampai beberapa orang mencoba vaksin. Beberapa teman atau kenalan mungkin pernah menganjurkan Anda untuk mendapat vaksin influenza.

    Namun apakah ini benar bisa membantu? Menurut Dokter Spesialis Anak, dr. Citra Amelinda, Sp.A, IBCLC, MKes vaksin influenza tidak bisa melindungi Anda dari virus korona. Vaksin ini hanya melindungi Anda dari influenza.

    “Vaksin itu hanya melindungi vaksin tersebut. Jika sudah divaksin influenza maka akan terlindungi dari influenza, begitu juga dengan pneumonia,” ungkapnya dalam ZAP Virtual Conference 2020.

    Namun vaksin ini tetap bagus didapatkan karena Anda jadi terjauh dari penyakit influenza yang bisa menurunkan daya tahan tubuh Anda. ”Anak sakit maka daya tahan tubuh anak turun. Jadi misalnya dia kena influenza, daya tahan tubuh turun, dia bisa kena lagi sama korona atau penyakit lain,” jelasnya.

    “Jadi itulah pentingnya imunisasi. Ini agar dia tetap stay healthy,” lanjutnya.

    Bila Anda atau anak Anda ingin mendapatkan vaksin tersebut, tak ada salahnya untuk ke fasilitas kesehatan. Yang perlu diingat adalah Anda harus menjaga kebersihan dan menerapkan physical distancing.

    “Pilihalah faskes yang memisahkan anak Anda dari yang sakit, lakukan booking dulu, selesaikan administrasinya sebelumnya, telekonsultasi dengan dokternya untuk nanya imunisasinya, tindakan yang dilakukan ketika ada efek samping, datang, vaksin, tunggu di mobil 30 menit kemudian pulang,” jelasnya.

    (TIN)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id