Bahaya Durian bagi Penderita Diabetes

    Sunnaholomi Halakrispen - 08 Juli 2020 18:09 WIB
    Bahaya Durian bagi Penderita Diabetes
    Ilustrasi-Pexels
    Jakarta: Siapa yang tak tahu dengan durian. Buah ini memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh. Namun, tidak demikian bagi penderita diabetes.

    "Pada penderita diabetes, tentu saja harus berkonsultasi dengan dokter spesialis gizi klinik," ujar Ahli Gizi dr. Cindiawaty Pudjiadi, MARS, MS, Sp.GK kepada Medcom.id.

    Sebab, kata dr. Cindiawaty, kandungan kalori dan karbohidrat yang terdapat di durian, lumayan tinggi. Misalnya, bisa diperhatikan kandungan di dalam 100 gram durian.

    "Dalam 100 gram durian mengandung 27 gram karbohidrat, 4 gram serat, vitamin A, vitamin C, magnesium, fosfor, dan lain-lain," tuturnya.

    Durian berbahaya bagi para penderita diabetes apabila dikonsumsi secara berlebihan. Durian juga mengandung alkohol, maka sebaiknya dibatasi asupannya pada orang yang mengalami kenaikan kadar asam urat darah.

    Sedangkan, untuk kondisi-kondisi kesehatan lainnya, bisa segera berkonsultasi dengan dokter yang merawat penyakit yang sedang dialami. Diskusikan dengan dokter, tentang apakah ada kendala dalam mengonsumsi durian.

    "Disesuaikan dengan kondisi kesehatan masing-masing orang. Bila ternyata alergi terhadap durian, maka hindari," paparnya.

    Sementara itu, ada manfaat yang didapatkan ketika mengonsumsi durian. Jadi, manusia akan mendapatkan manfaat antioksidan yang terdapat di dalam durian.

    "Kita harus tetap membatasi asupannya, karena durian tetap mengandung kalori, sehingga harus dibatasi asupannya, terutama pada orang yang ingin menurunkan berat badan," pungkasnya.

    (FIR)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id