Amankah Membiarkan Hand Sanitizer Berada di Mobil Anda?

    Raka Lestari - 02 Juni 2020 14:05 WIB
    Amankah Membiarkan Hand Sanitizer Berada di Mobil Anda?
    Foto: Womenshealthmag
    Jakarta: Di tengah pandemi covid-19 seperti saat ini, banyak orang pasti selalu membawa hand sanitizer kemanapun mereka pergi, termasuk juga ketika sedang berada di dalam mobil. Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran virus yang bisa membuat seseorang itu terinfeksi covid-19.

    Hand sanitizer yang digunakan pun disarankan yang memiliki kandungan alkohol setidaknya 60 persen. Kandungan alkohol inilah yang ditakutkan dapat berbahaya jika disimpan di dalam mobil, terutama jika mobil dalam keadaan panas. Namun apakah hal tersebut benar adanya?

    Guy Colonna, direktur teknik di National Fire Protection Association menjelaskan bahwa hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Colonna mengatakan alkohol dalam pembersih tangan memiliki flashpoint 60 hingga 70 derajat. Yang berarti itu adalah suhu di mana alkohol mengeluarkan cukup uap untuk bisa membakar sesuatu.

    Dan agar hal tersebut bisa terjadi, Anda tetap harus membutuhkan sumber api lain seperti nyala api terbuka atau percikan listrik. Itulah mengapa Anda sebaiknya berhati-hati ketika menggunakan hand sanitizer.

    Jangan lupa memerhatikan lingkungan sekitar ketika sedang menggunakan hand sanitizer. Perhatikan apakah di lokasi Anda berada sedang ada api di sekitar atau rokok.

    “Agar alkohol bisa menyala secara spontan, alkohol perlu dipanaskan pada suhu sekitar 700 hingga 800 derajat Fahrenheit,” jelas Colonna.

    Dan menurut Weather.gov, dashboard atau kursi mobil yang berwarna gelap bisa mencapai lebih dari 200 derajat Fahrenheit ketika suasana panas. Sehingga masih jauh untuk memicu kebakaran.

    Meskipun begitu, Colonna mengatakan bahwa kandungan alkohol yang terdapat dalam hand sanitizer akan dengan mudah menguap. Itu terjadi jika dibiarkan di dalam mobil pada cuaca yang panas.

    “Semakin banyak kandungan alkohol yang menguap, akan menyebabkan hand sanitizer tersebut tidak lagi efektif seperti ketika baru diproduksi," terang Colonna.

    Pada dasarnya, semakin banyak alkohol menguap dari botol Anda, semakin sedikit alkohol yang tersisa untuk bisa membersihkan tangan Anda. Jadi pertimbangkan untuk menyimpan hand sanitizer pada tempat yang lebih dingin agar alkohol tidak menguap. Bukan karena untuk menghindari kebakaran di dalam mobil.



    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id