Apakah Aman Mengonsumsi Dadih di Malam Hari?

    Dhaifurrakhman Abas - 04 Juli 2019 12:02 WIB
    Apakah Aman Mengonsumsi Dadih di Malam Hari?
    Ilustrasi--Sebagian orang barangkali kerap merasa lapar pada malam hari.--Foto:veganonline.org



    Saat malam tiba, tak jarang kita merasa lapar. Dadih yang dikenal sebagai yogurt khas Minangkabau yang terbuat dari susu kerbau (Bubalus bubalis) kerap kita konsumsi. Ternyata menurut ilmu kesehatan negara India, Ayurveda, konsumsi dadih pada malam hari menyebabkan pembentukan lendir di saluran hidung.


    Jakarta: Sebagian orang barangkali kerap merasa lapar pada malam hari. Padahal jadwal makan malam belum lama berlalu. Perut sudah mulai keroncongan dan kembali minta diisi.

     



    Kalau sudah begini, mengonsumsi camilan di malam hari jadi pilihan tepat di malam hari. Salah satu nya adalah dadih. Selain bikin perut kenyang, dadih dianggap tepat karena bisa bikin perut jadi kenyang.

    Di Indonesia dadih dikenal sebagai yogurt khas Minangkabau yang terbuat dari susu kerbau (Bubalus bubalis). Sementara di India, dadih mirip dengan minuman dudh yang ada pada di India dan Pakistan.

    Dadih dipercaya dapat meningkatkan kesehatan jantung, sistem kekebalan tubuh hingga melancarkan pencernaan. Karena dadih dibuat dengan melibatkan proses fermentasi, yang menghasilkan bakteri yang baik.

    Dilansir dari times of india, di India mengonsumsi dadih ada aturannya. Dadih diyakini tidak baik dikonsumsi pada malam hari.  Sebab, menurut ilmu kesehatan negara India, Ayurveda, konsumsi dadih pada malam hari menyebabkan pembentukan lendir di saluran hidung.

    Oleh karena itu, Ayurveda menyarankan Anda mengganti dadih dengan menu camilan malam hari yang serupa, seperti yogurt. Selain serupa, Yogurt juga merupakan makanan pengganti sempurna.

    Sebab, Yogurt merupakan makanan ringan yang mengandung probiotik yang bisa membantu fungsi sistem pencernaan dengan benar. Probiotik dalam yogurt yang difermentasi dari produk susu mengandung bakteri menguntungkan.

    Kultur aktif bakteri dapat membantu merangsang sistem kekebalan tubuh, mengurangi gejala diare terkait antibiotik dan meningkatkan penyerapan laktosa. Ini mengapa penting makan yogurt untuk memperlancar pencernaan Anda.
     
    Selain itu, yogurt juga makanan yang kaya kalsium serta mineral dan vitamin penting untuk tubuh. Hal ini termasuk riboflavin (vitamin B2), vitamin B12, fosfor dan kalium. Jadi, jika Anda ingin tubuh Anda untuk menjadi kuat, tambahkan yogurt ke dalam diet Anda setiap hari.

    Kalsium merupakan nutrisi yang penting untuk kontraksi otot, transmisi pesan melalui saraf, kesehatan tulang, gigi sehat dan pelepasan hormon. Yogurt merupakan sumber kalsium yang baik dan sangat mudah untuk memasukkannya dalam diet harian Anda.



    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id