Manfaat Alpukat yang Menakjubkan

    Sunnaholomi Halakrispen - 20 April 2019 14:43 WIB
    Manfaat Alpukat yang Menakjubkan
    Manfaat Alpukat yang Menakjubkan (Foto: istock)
    Jakarta: Buah alpukat mungkin tak Anda suka karena teksturnya yang lembek dan termasuk buah berlemak. Tetapi, lemak dalam alpukat sehat dan dagingnya penuh dengan vitamin juga mineral.

    Ada manfaat lain yang bisa diberikan alpukat bagi tubuh Anda yang mungkin belum Anda ketahui. Salah satunya, sebagai penurun kolesterol.

    1. Menurunkan kolesterol

    Dari semua obat untuk menurunkan kolesterol Anda, makan alpukat mungkin yang paling enak. Alpukat kaya akan sterol tumbuhan, senyawa yang terbukti menurunkan kolesterol dengan menghalangi penyerapannya ke dalam aliran darah.

    Juga dikemas dengan vitamin dan mineral, termasuk vitamin E, magnesium, vitamin C, folat, dan seng. Bahkan di dalam satu ons, salah satu manfaatnya ialah menyediakan lebih banyak potasium dari pada pisang.

    Pernah dilakukan sebuah uji coba kepada sekelompok kecil orang dewasa dengan hipertensi selama dua tahun. Dalam penelitian itu, ditemukan bahwa mengganti diet karbohidrat berat dengan satu lemak tak jenuh tunggal menghasilkan lebih rendah tekanan darah dan peningkatan kadar lipid.

    Sementara itu, peneliti Belanda menganalisis 60 percobaan untuk mengeksplorasi efek dari berbagai lemak pada kadar kolesterol dan juga menemukan bahwa mengganti karbohidrat dengan lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda menyebabkan penurunan kolesterol jahat dan peningkatan kolesterol baik.

    2. Mengurangi risiko penyakit jantung

    Ini termasuk cara paling efektif untuk mengurangi risiko penyakit jantung lebih sederhana dari pada yang Anda kira. Salah satu manfaat alpukat paling terkenal yaitu dapat mengurangi risiko penyakit jantung lebih baik daripada sekadar menurunkan asupan lemak secara keseluruhan.

    Sebuah analisis dari 50 studi dan uji klinis menunjukkan bahwa diet Mediterania, yang tinggi lemak tak jenuh tunggal, efektif dalam mencegah sindrom metabolik. Yaitu, sekelompok faktor risiko yang meningkatkan kemungkinan masalah jantung seperti stroke atau penyakit arteri koroner.

    3. Menurunkan risiko kanker

    Satu lagi manfaat kesehatan dari alpukat adalah bahwa lemak tak jenuh tunggal yang sehat telah terbukti membantu tubuh Anda menyerap antioksidan anti-kanker dengan lebih baik. Di antaranya seperti likopen yang ditemukan dalam tomat dan beta-karoten yang ditemukan dalam wortel dan kentang manis.

    4.  Menstabilkan gula darah

    Ketika membahkan alpukat ke sandwich Anda, selain membuatnya lebih lezat, Anda akan menuai banyak manfaat kesehatan pada alpukat. Salah satunya, menjaga kadar gula darah Anda tetap terjaga.

    Lemak sebanyak 25 hingga 30 gram per alpukat memperlambat pencernaan, membuatnya lebih mudah untuk gula darah Anda. Selain itu, serat larutnya juga membantu menstabilkan kadar gula darah untuk membantu melawan resistensi insulin.

    5. Menjaga kesehatan rambut

    Beberapa kebiasaan perawatan dapat merusak rambut Anda. Uniknya, buah ini bisa melembabkan rambut Anda, membuat helai lebih kuat dengan protein.

    Caranya, campurkan alpukat matang yang sudah dikupas dengan satu sendok teh minyak gandum dan satu sendok teh minyak jojoba. Oleskan ke rambut yang baru dicuci dan oleskan sampai ke ujung.

    Lalu, tutup kulit kepala Anda dengan topi khusus untuk mandi atau kantong plastik. Tunggu selama 15 hingga 30 menit agar rambut Anda dapat menuai manfaat alpukat, lalu bilas sampai bersih.

     



    (ELG)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id