Nu Life

    Tujuh Cara Mudah Redakan Stres

    Anggi Tondi Martaon - 06 Desember 2018 07:00 WIB
    Tujuh Cara Mudah Redakan Stres
    Stres jangan dibiarkan karena akan berdampak buruk terhadap kinerja dan kesehatan (Foto:Shutterstock)
    Jakarta: Beban pekerjaan dan rutinitas hidup terkadang membuat stres. Stres jangan dibiarkan karena akan berdampak buruk terhadap kinerja dan kesehatan.

    Dikutip Cosmopolitan.com, ada beberapa cara sederhana yang bisa diterapkan untuk meredakan stres.

    1. Tarik Nafas

    Saat mulai tertekan, tubuh akan melepas adrenalin. Adrenalin dapat membuat Anda semakin stres dan panik. Untuk mengatasinya, disarankan tarik napas pelan-pelan dan hembuskan. Cara ini dapat mengurangi tingkat adrenalin. 

    2. Tertawa

    Tak ada salahnya sejenak menghibur diri dengan melihat video atau gambar lucu di internet. Konten lucu akan membuat Anda tertawa dan melupakan sejenak beban pekerjaan. Menurut Amit Sood, MD, seorang profesor dan ahli stres di Mayo Clinic Healthy Living Program di Rochester, Minnesota, tawa dan berolahraga merupakan cara menghilangkan stres.

    3. Mendengar Suara Orang Terkasih

    Mendengar suara orang yang dicinta, entah itu ibu, pasangan, atau anak, bisa menghilangkan stres. Bahkan bisa memicu semangat baru. Penyebabnya, mendengarkan suara orang yang dicintai dapat memunculkan hormon cinta dan mengurangi hormon stres.

    3. Lakukan Peregangan

    Peregangan yang baik dapat melepaskan endorfin dan zat kimia yang sehat. Zat tersebut membantu tubuh melawan respons stres. 

    4. Alihkan Pandangan dari Komputer

    Menatap layar komputer dalam waktu lama berdampak buruk terhadap kesehatan. Selain merusak mata, juga berpotensi membangun ketegangan dan menyebabkan stres. Disarankan untuk mengalihkan pandangan dari layar komputer secara rutin. 

    5. Istirahat

    Istirahat sejenak, bahkan hanya 30 detik sangat bermanfaat untuk melepaskan ketegangan dan stres. Dengan cara ini, Anda bisa kembali fokus.

    6. Menggambar

    Menggambar menjadi salah satu cara untuk menghilangkan stres. Sebab, kreativitas akan memicu korteks prefrontal, bagian anterior dari otak agar lebih rasional dan membantu mengelola tugas dengan lebih mudah.

    7. Menikmati Secangkir Teh

    Teh dipercaya mampu membantu meredakan stres karena menurunkan level kortisol (hormon stres). Kandungan polifenol dalam secangkir teh menghasilkan efek peredam stres dan membuat pembuluh darah rileks. Ada juga asam amino thenine yang dipercaya dapat menenangkan otak.

    Patut diperhatikan dalam minum teh yaitu penggunaan gula. Untuk menjaga kadar gula darah tetap normal, ganti gula Anda dengan Nulife Sweetener. Produk dari Kalbe Nutritionals tersebut rendah karbo, sehingga baik untuk mendukung diet sehat bebas gula.

    Kelebihan lainnya dari Nulife Sweetener ialah nol kalori, harganya lebih ekonomis, tidak berubah rasa jika dipanaskan, cocok untuk minuman panas dan dingin, serta dapat digunakan untuk memasak. Rasa manisnya pun tidak berubah pada suhu tinggi.



    (ROS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id