Main Aplikasi Kencan Bisa Turunkan Kepercayaan Diri

    Kumara Anggita - 19 September 2020 15:07 WIB
    Main Aplikasi Kencan Bisa Turunkan Kepercayaan Diri
    Salah satu dampak buruk dari penggunaan aplikasi kencan adalah penurunan kepercayaan diri. (Ilustrasi/Pexels)
    Jakarta: Dampak menggunakan aplikasi kencan di setiap orang berbeda. Ada yang dampaknya baik dan ada juga yang dampaknya buruk.

    Salah satu dampak buruk dari penggunaan aplikasi kencan adalah penurunan kepercayaan diri. Ini terjadi karena orang jadi mempertanyakan kemampuan, kepribadian, dan penampilannya sendiri.

    Dikutip dari Psychology Today, tidak semua orang diterima dengan baik di sini. Beberapa dari mereka mendapat banyak penolakan. Pemikiran ini bisa muncul karena pesan sering tak dibalas, kencan pertama yang buruk, dan ditinggalkan tiba-tiba (ghosting)

    Pengalaman negatif ini membuat mereka jadi mempertanyakan nilai diri sendiri. Mereka mulai bertanya-tanya apakah ada yang kurang dari penampilan fisik, keterampilan percakapan, dan keandalan umum lainnya.

    Sebuah studi University of North Texas menemukan bahwa pengguna aplikasi kencan melaporkan harga diri yang lebih rendah dan kesejahteraan psikososial yang lebih rendah daripada mereka yang bukan pengguna. Ini mungkin terkait dengan penolakan yang sering dan teratur.

    Hal ini membuat beberapa dari mereka merasa bahwa mereka adalah “masyarakat yang dibuang”.

    Faktanya, pilihan yang berlebihan ini dapat menyebabkan Anda jadi bingung sendiri. Ini karena tersedianya banyak pilihan kencan. 

    Banyak pengguna mungkin terus-menerus bertanya pada diri sendiri, "Apakah ada seseorang yang lebih baik dari ini di swipe berikutnya”. Hal ini mengarah ke putaran hubungan singkat yang tidak memuaskan.



    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id