Pembuat Permen Kapas Ternyata Seorang Dokter Gigi

    Kumara Anggita - 27 Mei 2020 15:03 WIB
    Pembuat Permen Kapas Ternyata Seorang Dokter Gigi
    Permen kapas adalah makanan yang digemari oleh anak-anak hingga orang dewasa. (Ilustrasi/Pexels)
    Jakarta: Permen kapas adalah makanan yang digemari oleh anak-anak hingga orang dewasa. Teksturnya yang lembut dan rasanya yang manis bisa buat mood Anda naik.

    Saat menikmatinya, mungkin sempat terpikir ‘siapa sih yang buat makanan ini?’ dan tanpa disangka yang buat adalah seorang dokter gigi. Berikut kisahnya lebih lanjut yang dilansir dari Great Big Story.

    Pada tahun 1899, pembuat manisan bernama John C. Wharton bermitra dengan seorang penemu amatir bernama James Morrison untuk mengeluarkan paten. Morrison adalah seorang dokter gigi bahkan dia pernah menjabat sebagai president of the Tennessee State Dental Association pada tahun 1894.

    Mereka membuat perangkat yang berbahan dari saklar drum logam untuk digunakan membuat permen kapas yang disebut dengan mesin permen elektrik.

    Dengan ini, hanya dibutuhkan gula dan menaruhnya di mesin itu hingga gula tersbut itu bertekstur lembut dan terisi 70 persen angin. Mereka sebut ini dengan “Fairy Floss”.

    Keduanya memulai penemuan mereka di Pameran Dunia 1904 untuk mendapat sambutan luas. Mereka menjualnya di kotak kecil dengan harga 25 sen. 25 sen pada zaman itu setara dengan 73.000 rupiah sekarang.

    Penjualannya begitu sukses. Dalam 6 bulan mereka jual 68 kotak dan terus berlanjut. Tetapi terlepas dari keberhasilan bisnis ini Morrison akhirnya kembali ke pekerjaannya yaitu menjadi seorang dokter gigi.



    (YDH)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id