Apakah Pasien Diabetes Boleh Pakai Suntikannya Lebih dari Dua Kali?

    Kumara Anggita - 24 Mei 2020 17:00 WIB
    Apakah Pasien Diabetes Boleh Pakai Suntikannya Lebih dari Dua Kali?
    Apakah pasien diabetes bisa memakai jarum suntiknya dua kali? Berikut keterangan dari dr. Rizal Fitni, Sp.OG. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)
    Jakarta: Diabetes adalah salah satu penyakit yang harus dikontrol terus-menerus. Salah satu cara untuk mengontrolnya adalah dengan menyuntikan insulin ke darah. 

    Alat yang digunakan umumnya adalah suntikan dengan jarum pendek dan tipis serta dan juga tabung yang berisi insulin. Suntikan ini hanya digunakan oleh satu orang. 

    Karena hanya dipakai satu orang, beberapa orang mungkin jadi terpikir untuk menggunakannya lagi agar tidak mubazir atau semacamnya. Namun apakah ini hal yang diperbolehkan?

    Menurut dr. Rizal Fitni, Sp.OG merupakan seorang dokter spesialis kebidanan dan kandungan dari RS Airlangga Jombang menerangkan suntikan insulin ini hanya boleh sekali pakai. Ini karena suntikan setelah tidak digunakan sudah tak steril lagi.

    “Spuit atau alat suntik itu single use only, hanya sekali pakai. Tidak dianjurkan tuk dipakai berulang karena sterilitasnya akan hilang jika dipakai berulang, kalaupun kepepet harus dipakai berulang, jarumnya harus diganti yang baru,” jelasnya dalam sesi Roompi di aplikasi Orami Parenting. 

    “Namun, saya tidak merekomendasikan pemakainan yang seperti itu,” tegasnya. 

    Bagaimana ketika Anda dalam keadaan terdesak harus menggunakan suntikan lebih dari sekali? Dilansir dari Drugs.com pada bagian insulin injection, Anda benar-benar tidak boleh menggunakan suntikan lebih dari sekali ketika Anda memiliki luka terbuka, sulit melihat, atau memiliki infeksi.

    Jadi, suntikan tidak bisa dipakai dua kali. Kalaupun dalam keadaan mendesak, pastikan Anda menyimpannya sesuai dengan aturan. 


    (TIN)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id