Vaksinasi Bantu Ciptakan Kekebalan Kelompok

    Kumara Anggita - 05 Juli 2020 13:00 WIB
    Vaksinasi Bantu Ciptakan Kekebalan Kelompok
    Kekebelan kelompok atau herd immunity adalah hal yang penting untuk melindungi orang lain yang rentan terhadap penyakit. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)
    Jakarta: Vaksinasi adalah tindakan yang gunanya bukan hanya untuk melindungi diri sendiri tapi juga orang lain. Dr. Caessar Pronocitro, Sp. A, M. Sc, Dokter Spesialis Anak dari RS Pondok Indah Bintaro Jaya memaparkan bahwa vaksinasi atau imunisasi merupakan pencegahan primer penyakit.
    Ia melanjutkan bahwa vaksinasi adalah dengan memasukkan “antigen” atau benda asing (virus atau bakteri yang dilemahkan, atau komponen dari virus atau bakteri tersebut) ke tubuh, dengan tujuan memicu pembentukan kekebalan tubuh terhadap antigen tersebut. 

    Vaksinasi merupakan bentuk pencegahan penyakit paling efektif dan efisien sehingga telah diterapkan oleh semua negara di dunia. Dan menurut dokter yang ramah ini ada tiga manfaat vaksinasi antara lain:

    Vaksinasi menurunkan angka kejadian penyakit

    Dengan vaksinasi angka orang terkena penyakit bisa menurun drastis. Misalnya pada tahun 1980, kasus pertusis menurun dari 1.982.355 jadi 123.003 di tahun 2016. Begitu juga dengan polio yang yang sebelumnya memakan korban hingga 53.000 (1980) menjadi 42 (2016). 

    Pertusis adalah batuk rejan yaitu penyakit pada saluran pernapasan dan paru-paru yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Penyakit ini sangat mudah menular dan bisa mengancam nyawa, khususnya bila terjadi pada bayi dan anak-anak.

    “Bahkan penyakit cacar atau smallpox sudah berhasil dimusnahkan pada tahun 1980,” ujarnya dalam Webinar Pentingnya Vaksinasi untuk Anak.

    Vaksinasi ciptakan herd immunity

    Menurut dr. Caessar kekebelan kelompok atau herd immunity adalah hal yang penting untuk melindungi orang lain yang rentan terhadap penyakit, contohnya individu dengan imunitas yang menurun atau menjalani kemoterapi. 

    “Apabila cakupan vaksinasi rendah dan kekebalan kelompok tidak terbentuk, dapat terjadi outbreak atau kejadian luar biasa, contohnya difteri dan hepatitis A yang baru-baru ini terjadi,” jelasnya.

    Vaksinasi melindungi orang-orang di sekitar kita

    “Contohnya vaksin rubella, penting diberikan walaupun infeksinya tidak berat. Anak atau orang dewasa yang terinfeksi rubella, hanya akan mengalami gejala ringan yang sembuh sendiri,” ujarnya.

    “Namun, apabila infksi rubella terjadi pada ibu yang sedang hamil, dapat menimbulkan kematian atau kecacatan (katarak bawaan, kelainan jantung, ketulian, gangguan mental, dan lain-lain) pada janin,” ungkapnya.

    (TIN)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id