7 Cara Mudah Tangani Mendengkur atau Ngorok

    Sunnaholomi Halakrispen - 17 Agustus 2020 12:00 WIB
    7 Cara Mudah Tangani Mendengkur atau Ngorok
    Ilustrasi-Freepik
    Jakarta: Kegiatan mendengkur atau ngorok biasanya sulit disadari dan bisa membuat orang di sekitar menjadi tidak nyaman atau terganggu. Namun, ada tujuh cara mudah untuk menangani kebiasaan mendengkur, dikutip dari Medical News Today:

    1. Menurunkan berat badan

    Orang yang kelebihan berat badan lebih cenderung mendengkur. Jaringan lemak dan otot yang buruk, terutama di sekitar tenggorokan, berkontribusi pada dengkuran.

    7 Cara Mudah Tangani Mendengkur atau Ngorok
    Ilustrasi Freepik

    Maka, upayakan untuk menurunkan berat badan. Caranya, makan dengan kalori terkontrol, makanan sehat, dan olahraga teratur adalah cara terbaik untuk menurunkan berat badan.

    2. Tidur di satu sisi

    Seseorang lebih mungkin mendengkur jika mereka berbaring telentang, yang dapat menyebabkan lidah bergerak ke belakang tenggorokan. Hal ini membuat napas menjadi lebih sulit dan dapat menyebabkan getaran mendengkur.

    Tidur di satu sisi memungkinkan udara mengalir lebih lancar, mengurangi getaran. Cara ini dapat menghentikan suara mendengkur atau membuatnya lebih tenang.

    3. Berhenti merokok

    Selain membahayakan kesehatan secara keseluruhan, merokok mengiritasi saluran udara. Selain itu, kebiasaan merokok juga dapat memperparah dengkuran.

    7 Cara Mudah Tangani Mendengkur atau Ngorok
    Ilustrasi/Freepik

    Maka, jika seseorang merokok, berhenti merokok mungkin membantu mereka mengurangi mendengkur.

    4. Menghindari alkohol

    Meminum alkohol dalam jumlah banyak melemaskan otot tenggorokan. Saat otot-otot ini rileks, mereka lebih cenderung bergetar. Maka, menghindari alkohol sebelum tidur dapat mengurangi atau menghentikan dengkuran.

    5. Menghindari obat tidur

    Obat penenang, atau pil tidur, dapat menyebabkan tidur nyenyak. Ini mungkin memiliki efek relaksasi pada otot tenggorokan dan menyebabkan dengkuran.

    Maka, cobalah menghindari konsumsi obat tidur. Seorang dokter dapat merekomendasikan cara-cara sehat untuk memastikan tidur malam yang nyenyak.

    6. Mengangkat kepala

    Mengangkat kepala menggunakan bantal tambahan dapat membantu membuka saluran udara, mengurangi atau menghilangkan dengkuran. Alternatifnya, Anda bisa menggunakan bantal yang dirancang untuk menopang tubuh dan mencegah dengkuran.

    7. Mengobati alergi

    Reaksi alergi dapat menyebabkan kemacetan dan saluran udara tersumbat. Ini bisa memperburuk dengkuran. Jika dengkuran seseorang disebabkan oleh alergi, maka mendapatkan pengobatan yang efektif dapat membantu.

    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id