Ini Gejala Anak Terpapar Covid-19

    Sunnaholomi Halakrispen - 20 Februari 2020 12:01 WIB
    Ini Gejala Anak Terpapar Covid-19
    (Ilustrasi.Foto: Pexels)
    Jakarta: Bukan hanya orang dewasa, namun anak juga bisa terpapar virus corona Covid-19. Meskipun, hingga kini pemberitaan menginformasikan kebanyakan pasien Covid-19 merupakan orang dewasa.

    Gejalanya perlu dipahami untuk melakukan antisipasi penanganan. Prof. dr. Bambang Supriyatno, SpA (K), selaku Konsultan Respirasi Anak di RSCM, menyatakan bahwa setidaknya ada klasifikasi yang dibagi menjadi lima.

    "Satu, dia tidak menunjukkan gejala demam dan sebagainya. Yang kedua, ada tanda-tanda infeksi respiratorik, akut yang atas, ada batuk dan pilek," ujar Prof. Bambang di Bunga Rampai, Menteng, Jakarta Pusat.

    Ketiga, ada pneumonia tapi ringan dengan telah munculnya batuk yang tidak berat. Selanjutnya, dia sudah terkena pneumonia, jadi sudah ada batuk, pilek, panas, serta biasanya susah bernapas atau prefensi napasnya di atas normal atau bisa 60 atau 70 kali.

    "Kemudian retraksi (dinding dada bagian bawah, cuping hidung), atau yang terakhir itu ada critical ill sampai memerlukan ICU. Jadi dia ada lima tingkatan, dari ringan sampai paling berat itu yang masuk ICU," paparnya. 

    Ia menekankan bahwa gejala yang akan dihadapi anak akan sama dengan gejala orang dewasa perihal terpapar Covid-19. Meskipun gejalanya bisa saja terjadi pada siapapun, Prof. Bambang mengimbau agar para ibu tidak perlu khawatir yang berlebihan.

    Namun, tetap memerhatikan asupan gizi yang diperoleh sang buah hati dalam makanan yang dikonsumsi mereka. Demikian juga tentang pemberian suplemen makanan yang diyakini bisa mencegah paparan Covid-19 karena munculnya rasa panik.

    "Ketika anak tidak membutuhkan, tidak perlu diberikan suplemen. Artinya, ketika anak lagi sehat, untuk apa dan berapa lama (pemberian dosis suplemennya). Tapi ketika dia flu dikit, boleh diberikan (sesuai anjuran dokter)," pungkasnya.





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id