Mengenal Apa Itu Intuitive Eating

    Raka Lestari - 22 Juni 2020 09:00 WIB
    Mengenal Apa Itu <i>Intuitive</i> <i>Eating</i>
    Intuitive eating adalah filosofi yang mengajak partisipannya untuk makan dengan penuh perhatian. (Foto: Pexels.com)
    Jakarta: Banyak orang yang melakukan diet untuk menurunkan berat badan. Namun terkadang, penurunan berat badan tersebut bersifat semu dan bahkan membuat berat badan seseorang kembali naik setelah tidak melakukan dietnya tersebut.

    Beberapa ahli mencoba untuk memperkenalkan intuitive eating, yaitu filosofi yang mengajak partisipannya untuk makan dengan penuh perhatian dan memerhatikan isyarat lapar yang diberikan tubuh mereka.

    Dibandingkan harus menghitung kalori yang masuk ke dalam tubuh dan mengelompokkan makanan menjadi “baik” dan “buruk” dengan melakukan intuitive eating membiarkan seseorang untuk menghormati rasa lapar, menghargai rasa kenyang, dan menolak cara berpikir diet.

    “Intuitive eating dikaitkan dengan perbaikan kolesterol dan tekanan darah, dan mengurangi tanda-tanda inflamasi,” kata Dawn Clifford, seorang ahli diet terdaftar dan profesor ilmu kesehatan di Northern Arizona University. 

    “Dalam hal kesehatan mental, intuitive eating juga dikaitkan dengan peningkatkan citra tubuh, tingkat depresi yang lebih rendah, dan peningkatan harga diri seseorang,” tambah Clifford.

    Semua orang bisa mendapatkan manfaat dari melakukan intuitive eating, menurut Melissa Majumdar, seorang ahli diet dari Brigham and Women’s Center for Metabolic and Bariatric Surgery di Boston, Amerika Serikat. 

    Dan itu mungkin sangat membantu bagi orang-orang yang kesulitan mendengarkan isyarat tubuh internal mereka, termasuk orang-orang dengan riwayat diet kronis.

    Untuk memulainya, Anda harus mengetahui terlebih dahulu bahwa jenis makanan dan jenis kebiasaan makan bisa berdampak pada tubuh Anda. 

    “Daripada harus bersikap keras pada diri Anda untuk makan lebih banyak dari yang Anda butuhkan, tanyakan kepada diri sendiri makanan apa yang Anda butuhkan,” ujar Clifford.

    Majumdar juga mengajak mereka yang tertarik pada intuitive eating untuk membaca terlebih dahulu mengenai filosofi, termasuk tujuan dan prinsip-prinsip dari intuitive eating itu sendiri. 

    Ia juga menyarankan untuk bekerja sama dengan ahli nutrisi yang bisa memberikan informasi mengenai intuitive eating, memberi tahu strategi yang harus dilakukan, dan melakukan evaluasi dari apa yang Anda lakukan.



    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id