Ketahui Tanda-tanda Menstruasi

    Medcom - 22 Oktober 2019 18:33 WIB
    Ketahui Tanda-tanda Menstruasi
    Anda dapat mengatasi tanda-tanda PMS yang mengganggu. Berikut informasinya. (Foto: Pexels.com)
    Jakarta: Periode yang dialami wanita setiap bulannya tidak mungkin dihindari. Sebelum datangnya menstruasi biasanya akan timbul beberapa tanda yang dialami sebagian wanita atau biasa disebut dengan sindrom pramenstruasi.

    Sindrom pramenstruasi atau disingkat PMS adalah sebuah perubahan yang dapat memengaruhi Anda di berbagai situasi, mulai dari fisik, emosional atau perilaku.

    Nivin Todd, MD dalam "What Is PMS?" di WebMD menyebutkan gejala yang dialami oleh wanita biasanya nyeri pada bagian payudara, bahkan bagi sebagian wanita nyeri yang berlebihan dapat mengganggu aktivitas.

    Perubahan yang dialami terjadi satu hingga dua minggu sebelum menstruasi. Begitu Anda mulai menstruasi, hal tersebut akan pergi.

    Sindrom pramenstruasi

    Mungkin sebagian dari Anda ada yang memiliki satu tanda atau beberapa gejala sebelum menstruasi, di mana tanda tersebut berbeda setiap orangnya.

    Ada kalanya seperti perubahan fisik perut kembung, kram, payudara yang sensitif, sakit kepala, atau nyeri otot, jerawat, dan nyeri sendi hingga sembelit atau diare.

    Ketahui Tanda-tanda Menstruasi
    (Dalam PMS, perubahan yang dialami terjadi satu hingga dua minggu sebelum menstruasi. Begitu Anda mulai menstruasi, hal tersebut akan pergi. Foto: Pexels.com)

    Selain itu terjadinya perubahan pada emosi seperti merasa diluar kendali, hilang fokus, mudah marah, cepat lelah, perubahan suasana hati, tidak ingin bersama orang lain dan susah tidur.

    Untuk mengetahuinya, coba pikirkan beberapa hal seperti, "Apakah perubahan ini mengganggu kehidupan sehari-hari saya? Apakah PMS menimbulkan masalah di tempat kerja atau dengan keluarga dan teman?" Jika Anda menjawab iya, itu mungkin tanda PMS.

    Mengatasi PMS

    Ada beberapa cara untuk mengatasinya. Misalnya pola makan sehat, tidur yang cukup dan lakukanlah olahraga sekitar 30 menit setiap seharinya.

    Cobalah mengonsumsi makanan yang tinggi kalsium seperti susu, sayuran berdaun hijau dan ikan salmon. Hindari garam, minuman berkafein dan alkohol. Beberapa wanita mengonsumsi vitamin saat PMS, Anda bisa memilih vitamin B-6, vitamin E atau kalsium dengan vitamin D.

    Selain itu, Anda dapat memelajari cara menenangkan pikiran dan tubuh untuk mengurangi stres saat PMS.


    Siti Mazhidawati





    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id