Olahraga untuk Penderita Jantung yang Tengah Hamil

    Kumara Anggita - 14 Desember 2019 15:03 WIB
    Olahraga untuk Penderita Jantung yang Tengah Hamil
    Senam hamil menjadi salah satu pilihan yang aman untuk dilakukan untuk ibu hamil. (Ilustrasi/Pexels).
    Jakarta: Ketika Anda hamil dan memiliki penyakit jantung bawaan, Anda harus ekstra hati dalam prosesnya. Apalagi dalam memilih jenis olahraga.

    Ini karena menurut Dokter Spesialis Penyakit Dalam Dr. dr. Sally Aman Nasution, SpPD-KKV, FINASIM, FACP, saat hamil jantung jadi stress berat karena beban jantung meningkat sekitar 30-50 persen.

    Namun, tidak perlu khawatir karena, orang yang mengidap penyakit ini masih bisa hamil normal dengan diterapi. Perawatan ekstra dalam perencaan kehamilan dibutuhkan. “Bila sudah tahu punya penyakit jantung bawaan dan ingin tetap hamil, bisa melakukan perencanaan agar  bisa lanjut dan kualitas ibu dan anak juga bagus,” jelasnya.

    Dalam prosesnya, diperlukan kolaborasi antara dokter penyakit dalam dan konsultan kardiovaskular dan dokter kandungan.

    Bila Anda sudah berkonsultasi dan dokter mengizinkan Anda untuk berolahraga. Senam hamil menjadi salah satu pilihan yang aman untuk dilakukan. “Untuk ibu hamil, saya sarankan konsultasikan ke dokter kandungan. Dok saya boleh olahraga tidak,” ujarnya

    “Senam hamil itu bagus. Jadi latihan pernapasan. Tentu  saja disesuaikan dengan usia kehamilan. Beda-beda ya dan kedua, kondisi kehamilan sendiri. Ada yang kehamilan selnya tidak kuat. Biasanya ibu hamil kalau tidak ada kesulitan dokter kandungan menganjurkan untuk senam hamil,” Ujarnya.

    Dokter Sally menekankan, Anda harus tahu kapasitas Anda. Jangan pernah memaksakan dan cobalah untuk melakukannya secara bertahap agar Anda lebih mengenali tubuh Anda.

    “Dilihat dari kapasitas sendiri. Namun saya sarankan, jangan karena ngetrend ikutan futsal dan lain-lain. Itu berat. Tennis single. Kalau tak biasa mulai dari bertahap. Jalan pagi, jogging sudah sehat. Asal reguler. 150 menit per minggu. Silahkan diatur,” ujarnya.





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id