Penyebab Whiteheads dan Cara Mengatasinya

    Raka Lestari - 02 Oktober 2019 10:00 WIB
    Penyebab Whiteheads dan Cara Mengatasinya
    Ilustrasi-(Foto: Rodalewellness)
    Jakarta: Whiteheads atau komedo berwarna putih tentunya akan mengganggu penampilan Anda.  Menurut David Lortscher, MD, seorang dokter kulit bersertifikat menjelaskan bahwa whiteheads terjadi ketika minyak yang terperangkap, bakteri, dan sel-sel kulit mati menyumbat pori-pori.

    Paparan sinar matahari yang berlebihan juga merupakan penyebab utama terjadinya whiteheads. Dikutip dari Reader's Digest, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai whiteheads pada kulit Anda: 

    Cara mengatasi whiteheads

    "Pencegahan adalah cara yang terbaik, bersamaan dengan merawat seluruh area yang rawan berjerawat daripada mengobatinya setelah jerawat tersebut muncul," kata Ava Shamban, MD, ahli dermatologi bersertifikat dan pemilik AVA MD di Santa Monica, California.

    Menentukan rejimen perawatan kulit yang tepat untuk Anda

    Ketika harus memerangi penyebab komedo dan mengobatinya, perawatan kulit yang tepat sangat penting. "Perawatan yang tepat harus mencakup pembersih yang tidak membuat kering dan krim untuk regenerasi kulit," ujar Toral Patel, MD, MS, dokter kulit bersertifikat di D&A Dermatology di Chicago.

    Perhatikan bahan aktif 

    Setelah mengetahui penyebabnya, Anda perlu memahami bahan-bahan yang dapat menghilangkan whiteheads pada kulit. "Bahan-bahan ini diantaranya adalah asam alfa-hidroksi seperti glikolat atau laktata, asam hidroksi beta seperti asam salisilat, dan retinoid topikal," kata Dr Patel. "Semua bahan-bahan ini efektif dalam membebaskan pori-pori Anda dari penumpukan kotoran." Ia juga menambahkan bahwa bahan-bahan tersebut dapat merawat serta membantu mencegah komedo.

    Cara membuat obat ala rumahan 

    Dr Shamban memberitahukan cara untuk membuat obat ala rumahan untuk mengatasi whiteheads yang Anda alami. Cobalah kompres bagian yang terdapat whiteheads dengan waslap hangat untuk melancarkan sirkulasi. Dr Shamban juga menyarankan untuk menggunakan tea tree oil karena hal itu dapat membantu mengatasi peradanagn. Menggunakan aspirin di area yang ada whitheads juga dapat membantu mengurangi kemerahan. 

    Jangan memencet whiteheads

    Memencet komedo atau whiteheads hanya akan memperburuk keadaan. "Dengan memencetnya, itu justru dapat membuat whiteheads menjadi lebih lama dan akan membuat isi komedo dan bakteri masuk ke pori-pori lebih dalam," ujar Michele Farber, MD, seorang ahli dermatologi di Schweiger Dermatology Group di New York.






    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id