Beberapa Makanan yang Bisa Menjadi Obat Pencahar Alami

    Raka Lestari - 13 Januari 2020 16:26 WIB
    Beberapa Makanan yang Bisa Menjadi Obat Pencahar Alami
    Ilustrasi-Pexels
    Jakarta: Beberapa makanan bisa menjadi obat pencahar alami. Sejumlah makanan tersebut membuat pencernaan menjadi lancar dan mencegah konstipasi. Selain itu juga meminimalisir Anda mengonsumsi obat-obatan pencegah sembelit.

    Meskipun manfaatnya tidak sama persis seperti obat pencahar, beberapa makanan tertentu cukup efektif untuk mencegah masalah pencernaan. Berikut ini beberapa jenis makanan yang bisa menjadi obat pencahar alami:

    1. Semangka

    Buah yang cocok dikonsumsi pada saat musim panas ini merupakan salah satu pencahar alami karena kandungan air yang sangat tinggi.

    Beberapa Makanan yang Bisa Menjadi Obat Pencahar Alami
    Foto: Pexels

    “Kandungan semangka hampir 99 persen adalah air, sehingga ini merupakan pilihan yang tepat untuk membuat pencernaan lancar. Air dapat membantu makanan yang Anda konsumsi bergerak melalui usus dan kemudian dibuang,” ujar Libby Mills, MS, RDN, LDN, dari Academy of Nutrition and Dietetics Philadelphia.

    2. Biji-bijian

    Salah satu alasan karbohidrat kompleks merupakan pilihan yang lebih baik adalah karena dapat membantu melancarkan pencernaan. Biji-bijian utuh seperti quinoa, bulgur, beras merah, gandum utuh, oatmeal, dan barley kaya akan serat makanan.

    Beberapa Makanan yang Bisa Menjadi Obat Pencahar Alami
    Quinoa. (Foto: Unsplash)

    Biji-bijian tersebut membantu melunakkan feses. Sehingga lebih mudah dikeluarkan, menormalkan pergerakan usus, dan bahkan dapat mencegah wasir.

    3. Buah beri

    Buah-buah beri seperti strawberry, blueberry, dan jenis lainnya mengandung pektin yang sangat penting dalam kesehatan usus. Pektin adalah jenis serat larut yang membuat makanan yang dimasak menjadi jeli.

    4. Sayuran hijau

    Kale adalah superfood yang merupakan salah satu pencahar alami terbaik. Sayuran berdaun hijau lainnya seperti kangkung dan bayam yang mengandung magnesium, merupakan mineral yang membantu melunakkan feses. Sehingga membuatnya lebih mudah untuk melewati usus.

    5. Yogurt

    Yogurt dan kefir mengandung probiotik, yang membantu menjaga keseimbangan bakteri usus. Kandungan probiotik yang cukup dalam ini dapat membuat pencernaan Anda menjadi lebih lancar, sehingga pencernaan Anda menjadi lebih sehat.



    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id