Punya Jerawat tanpa Mata? Begini Cara Tepat Menanganinya

    Anda Nurlaila - 13 Desember 2019 13:30 WIB
    Punya Jerawat tanpa Mata? Begini Cara Tepat Menanganinya
    Ilustrasi-Pexels
    Jakarta: Jerawat pada umumnya yang terlihat sebagai benjolan berisi cairan di permukaan kulit yang bisa menyakitkan. Namun jerawat yang terbentuk di permukaan kulit seperti jerawat tanpa mata atau blind pimple biasanya lebih mengganggu dan dapat menimbulkan luka.

    Jerawat tanpa mata atau blind pimple sering kali tidak terlihat dari luar ujar pakar dari SkinCeuticals, Elena Voskresenkaya. Tetapi jerawat ini dapat sangat sensitif dan lebih menyakitkan.

    Jerawat ini sering disebabkan oleh kista atau nodu. Sehingga terasa seperti benjolan kecil yang menyakitkan di bawah kulit meski tampak pucat dan tidak tampak dari kejauhan.

    Penyebab Blind Pimple

    Menurut Dr Voskresenkaya, penyebab jerawat di bawah kulit sama seperti jerawat pada umumnya. Kulit yang memproduksi sebum berlebihan, atau ketika bersentuhan dengan bakteri dan kotoran yang terperangkap di dalam pori-pori membentuk jerawat di permukaan atau di bawah kulit.

    Voskresenskaya menyarankan pemilik kulit tebal, berminyak, dan berpori-pori besar harus membersihkan kulit secara rutin, karena lebih rentan terkena jerawat ini. Jika sering berolahraga di pusat kebugaran atau menikmati makanan yang digoreng sesekali, jangan putus asa.

    Perawatan kulit secara rutin membantu menyeimbangkan kadar minyak dan membersihkan pori-pori. Pembersihan rutin dapat mencegah timbulnya jerawat yang tersembunyi ini.

    Berapa Lama Jerawat Tanpa Mata Bertahan?

    Jerawat tanpa mata atau titik putih di bagian atasnya bisa bertahan hingga berbulan-bulan jika poti-porinya tidak terbuka. Namun jika jerawat meradang dan sampai ke permukaan kulit, akan lebih cepat sembuh. Perawatan yang tepat dapat membantu mempercepat proses penyembuhan secara alami.

    Pencegahan dan Penanganan

    Pencegahan merupakan cara terbaik menghindari jerawat ini. Pilih pembersih yang memiliki eksfoliasi berkualitas dalam rutinitas perawatan kulit.

    Pembersihan yang baik akan mencegah penumpukan kotoran dan minyak berlebih dan mengurangi kemungkinan kotoran, atau bakteri terperangkap di dalam pori-pori penyebab jerawat.

    Langkah kedua pencegahan adalah penggunaan produk yang mengandung bahan pengelupasan kulit untuk mempercepat pergantian sel kulit. Peremajaan sel kulit pada malam hari merupakan salah satu kunci keberhasilan mencegah blind pimple.

    Meski telah membersihkan kulit secara rutin dan jerawat tetap muncul, ada sejumlah pilihan perawatan untuk mempersingkat waktunya. Hal paling penting adalah tidak memencet atau menusuk jerawat.

    Ini akan menyebabkan peradangan lebih lanjut dan membuat jerawat ke permukaan kulit. Selain itu memencet dan menusuk jerawat dapat menyebabkan penyebaran bakteri lebih lanjut atau terjadi jaringan parut.

    Untuk mengobati jerawat ini, kompres hangat dapat membantu membuka pori-pori dan membuat jerawat ke atas. Perawatan ini membantu kulit mengeluarkan bakteri dengan cepat dan efektif. Pilihan lain adalah menerapkan antibiotik topikal yang menargetkan bakteri sumber peradangan.

    Jika perawatan rumah gagal, lakukan perawatan profesional. Perawatan di dokter kulit mungkin termasuk pengobatan seperti perawatan kulit asam salisilat atau resep antibiotik.



    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id