Persiapan Orang Tua Saat Anak Melakukan Tes Covid-19

    Raka Lestari - 31 Juli 2020 07:00 WIB
    Persiapan Orang Tua Saat Anak Melakukan Tes Covid-19
    Bawa mainan favorit si kecil saat bertandang ke rumah sakit. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)
    Jakarta: Ketika anak Anda menunjukkan gejala-gejala covid-19, seperti demam atau pilek mungkin dokter anak akan merekomendasikan untuk melakukan tes covid-19.

    Sebagai orang tua, Anda tidak perlu khawatir dengan hal ini. Dengan mengetahui apa yang harus disiapkan sebelum anak melakukan tes covid-19, ini dapat membantu agar prosedur tes menjadi lebih mudah.

    Pertama, untuk mempersiapkan apa yang akan dialami oleh anak Anda maka Anda perlu mengetahui beberapa hal.

    “Untuk melakukan tes covid-19, dokter atau perawat membutuhkan sampel spesimen dari anak dan ada beberapa cara untuk melakukan ini,” kata Tom Belhorn, M.D., Ph.D., Direktur Pediatric Infectious Diseases di University of North Carolina.

    Ashley Ziegler dalam Romper mengatakan cara pengumpulan spesimen tersebut bisa melalui swab tenggorokan atau hidung, tetapi biasanya tidak menggunakan air liur karena tidak akurat seperti melalui tenggorokan atau hidung. 

    “Jika anak Anda sudah menunjukkan gejala untuk periode waktu yang lama, beberapa penyedia melakukan swab melalui hidung dan tenggorokan,” kata Dr Belhorn.

    Persiapan Orang Tua Saat Anak Melakukan Tes Covid-19
    (Tom Belhorn, M.D., Ph.D., Direktur Pediatric Infectious Diseases di University of North Carolina mengatakan untuk melakukan tes covid-19, dokter atau perawat membutuhkan sampel spesimen dari anak. Foto: Dok. Viktorcvetkovic/E+/Getty Images)

    “Prosesnya mungkin terdengan menakutkan, tetapi ada kemungkinan anak Anda sudah pernah melakukannya karena tes ini juga dilakukan untuk mengetahui penyakit influenza,” kata dokter anak Whitney Casares M.D. Selain itu, jika anak Anda pernah melakukan uji radang tenggorokan kemungkinan caranya pun sama dengan tes covid-19 ini.

    Menurut Dr Belhorn, ketika sudah waktunya untuk pergi ke doktr sebaiknya Anda membawa barang-barang yang membuat mereka nyaman seperti mainan mereka, atau selimut kesayangan, dan selalu memegang tangan mereka selama melakukan pengujian agar mereka merasa aman.

    “Musik juga terkadang bisa mengurangi ketegangan pada anak, baik itu sebelum atau sesudah melakukan prosedur. Anda juga mungkin bisa meminta dokter atau perawat untuk memakai aksesoris yang menyenangkan seperti masker atau face shield yang lucu,” kata Dr Belhorn.

    Dan ketika anak menanyakan apa yang terjadi, Dr Casares menyarankan untuk menjelaskannya secara sederhana pada anak Anda.

    “Menjelaskannya berlebihan dapat membuat anak kebingungan atau bahkan merasa ketakutan mengenai tes yang akan dilakukan,” katanya. 

    “Ketika waktunya tes, orang tua sebaiknya bersikap tenang. Ketika orang tua tenang, anak juga cenderung akan menjadi lebih tenang dan merasa nyaman,” kata Dr Casares.



    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id