9 Makanan yang Dapat Meningkatkan Kesuburan

    Sunnaholomi Halakrispen - 17 September 2020 12:05 WIB
    9 Makanan yang Dapat Meningkatkan Kesuburan
    Telur merupakan sumber protein yang bagus, dan juga dapat membantu meningkatkan kesuburan Anda. (Ilustrasi/Pexels)
    Jakarta: Sejumlah makanan diyakini dapat meningkatkan kesuburan dan dikonsumsi untuk membantu kemungkinan kehamilan. Menurut Pakar Kesehatan dan Nutrisi Integratif bersertifikat, Jayne Williams, makan makanan yang mendukung kesuburan mencakup makanan utuh. 

    Di antaranya, terdapat keseimbangan protein tanpa lemak, kaya lemak sehat, dan serat. Dikutip dari Glamour, manfaatnya dapat membantu meningkatkan mikroba usus Anda, mengatur hormon, dan menurunkan tingkat stres. Ketiganya penting untuk mempersiapkan tubuh Anda.

    Saat Anda makan untuk kesehatan reproduksi, makanan yang dapat membantu menurunkan hormon stres dan meningkatkan aliran darah ke rahim adalah tiketnya. Berikut ini 9 rekomendasi makanan yang dapat meningkatkan kesuburan.

    1. Ubi jalar

    Ubi jalar kaya akan beta-karoten, yang dikenal membantu meningkatkan produksi hormon progesteron. Ubi jalar bisa dikonsumsi dengan direbus ataupun diolah sebagai pengganti roti.
    Caranya, potong ubi menjadi bulatan seperempat inci, aduk dengan garam dan minyak zaitun, lalu panggang selama 20 menit. Kemudian, taburi dengan almond dan beri untuk camilan manis, atau alpukat tumbuk untuk roti panggang alpukat variasi baru. 

    2. Salmon

    Salmon adalah makanan yang lezat jika Anda berharap untuk meningkatkan kesuburan. Hal itu berkat sumber asam lemak omega-3 dan DHA yang fantastis, yang penting untuk perkembangan otak dan mata bayi. Juga rendah merkuri dan anti-inflamasi.

    3. Sarden

    Ikan lain yang kaya omega-3 penguat otak yang harus Anda tambahkan ke daftar belanjaan Anda adalah sarden. Sebab, penelitian telah menunjukkan bahwa tingkat optimal omega-3 penting dalam pengelolaan kesuburan wanita.

    Lalu, bagaimana cara mendapatkannya? Sarden segar mungkin sulit ditemukan, tetapi Anda bisa memilih sarden kalengan di toko. Campur dengan sedikit paleo mayo, jus lemon, dan peterseli, lalu nikmati dengan roti panggang bebas gluten favorit Anda.

    4. Kenari

    Jika Anda ingin memiliki camilan ramah kesuburan, Anda bisa melirik kenari. Kacang ini adalah sumber lemak omega-3 dan vitamin E yang sangat baik, yang juga bagus untuk kesehatan endometrium, serta vitamin B dan protein. 

    5. Yoghurt yunani

    Jika Anda mengharapkan makanan penambah kesuburan yang dapat Anda makan di pagi hari, mengapa tidak memilih yogurt Yunani? Yogurt ini mengandung kalsium dan vitamin D yang hebat, yang membantu folikel ovarium Anda matang dan meningkatkan kekuatan tulang.

    Anda hanya membutuhkan satu porsi untuk mendapatkan vitamin esensialnya. Anda bisa memilih varietas polos penuh lemak, yang tanpa pemanis, sehingga Anda dapat menghindari gula. Jika Anda membuat parfait yogurt Yunani, tambahkan beri, satu sendok makan mentega kacang tanpa pemanis, dan beberapa kenari di atasnya untuk efek penuh.

    6. Telur

    Telur merupakan sumber protein yang bagus, dan juga dapat membantu meningkatkan kesuburan Anda. Telur kaya akan kolin, yang menurut penelitian dapat memiliki efek positif yang signifikan pada perkembangan janin.

    Telur bisa dinikmati baik kuning maupun putih telur. Namun, utamakan konsumsi kuning telur, karena di situlah tempat semua nutrisi yang baik.

    Cara termudah untuk mendapatkannya manfaatnya adalah mengonsumsi di pagi hari. Misalnya, lengkapi sarapan Anda dengan telur dadar penuh sayuran atau telur yang dipanggang di dalam setengah buah alpukat.

    7. Maca

    Makanan lain untuk ditambahkan ke pola makan atau diet kesuburan Anda adalah maca. Makanan super seperti maca Peru bahkan dapat meningkatkan jumlah sperma.

    Cara terbaik untuk mengonsumsinya ialah dengan menambahkannya ke dalam smoothie sehat Anda untuk sarapan, bersama dengan alpukat, bayam, bahkan bisa ditambahkan sedikit yogurt Yunani dan bee pollen. Pencampuran maca dengan bahan-bahan itu bisa menjadi solusi karena maca memiliki sifat yang sedikit pahit.

    8. Hati

    Hati bukanlah organ beracun. Sebaliknya, ini adalah detoksifikasi. Hati membantu menghilangkan kotoran, tetapi tidak menahan kotoran tersebut. Hati dapat membantu wanita hamil karena merupakan sumber folat yang luar biasa (bentuk aktif asam folat).

    Selain itu, mengandung semua vitamin B, kolin, dan banyak antioksidan seperti inositol yang telah terbukti meningkatkan kualitas sel telur pada wanita yang menjalani program bayi tabung. Salah satu cara mengolahkan, tambahkan tiga ons hati ke dalam makanan Anda per minggu, atau Anda dapat meminumnya sebagai suplemen dalam bentuk pil.

    9. Minyak hati ikan cod

    Minyak hati ikan cod secara teknis adalah minyak dari ikan, tetapi berbeda dari minyak ikan biasa. Meskipun, minyak ikan dan minyak ikan cod adalah sumber asam lemak omega-3 yang bagus.

    Namun, minyak ikan cod juga mengandung vitamin A dan D, yang merupakan vitamin larut lemak yang penting untuk kesuburan dan konsepsi. Jika Anda menderita kekurangan vitamin D, ambillah minyak hati ikan kod sebagai pengganti minyak ikan. 

    Anda dapat mengonsumsi minyak ikan cod dalam bentuk kapsul ataupun cairan di setiap harinya. Pastikan untuk mengonsumsi dalam jumlah yang memberikan 1000 hingga 2000 iu vitamin D, sesuai dengan masing-masing kebutuhan tubuh.



    (YDH)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id