Cara Mengatasi Nyeri Punggung ketika Menyusui

    Raka Lestari - 16 Juli 2020 12:06 WIB
    Cara Mengatasi Nyeri Punggung ketika Menyusui
    Postur adalah kunci mengatasi nyeri punggung, jadi penting untuk memperhatikan posisi Anda. (Ilustrasi/Pexels)
    Jakarta: Beberapa ibu yang sedang menyusui, mungkin pernah mengalami nyeri punggung. Hal ini sering terjadi terutama ketika posisi menyusui yang kurang tepat. Dan bagi wanita yang baru pertama kali menyusui, mungkin akan merasa kebingungan dalam mengatasinya.

    Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan jika ibu yang sedang menyusui mengalami nyeri punggung, seperti dilansir Romper:

    Perhatikan posisi Anda 

    Anda mungkin memiliki kecenderungan untuk condong ke depan dan membungkuk saat menyusui, tetapi itu bisa menyebabkan ketegangan di punggung Anda. Postur adalah kunci mengatasi nyeri punggung, jadi penting untuk memperhatikan posisi Anda. “Cobalah untuk menggunakan kursi dengan punggung tinggi sehingga Anda dapat duduk tegak dengan bahu belakang dan punggung bawah Anda menyender pada kursi,”saran International Board Certified Lactation Consultant (IBCLC) Mina Rorcharshky.

    Lebih mudah menyusui dalam posisi berbaring 

    Menurut La Leche League, ketika berbaring atau bersandar ketika menyusui, maka Anda akan membuat leher dan otot punggung menjadi rileks. Hal ini membuat tubuh menjadi tidak terlalu kaku dan tegang. Dengan menyusui dalam posisi ini, bisa membantu mempertahankan aliran ASI yang baik. Jadi, jika Anda menderita sakit punggung, berbaring, rileks, dan cobalah posisi santai saat menyusui.

    Minum air yang cukup 

    Dengan banyaknya penyesuaian ketika menjadi ibu, Anda mungkin akan mudah untuk kekurangan cairan. Anda mungkin kehilangan banyak cairan ketika sedang menyusui, sehingga penting untuk selalu minum air yang cukup.

    Menurut The Joint, dehidrasi dapat menyebabkan nyeri punggung dan bahkan membuat cakram yang melindungi tulang belakang menjadi tipis. Menjaga agar tubuh terhidrasi dapat membantu meringankan nyeri punggung. Anda juga bisa menambahkannya dengan irisan lemon atau buah-buahan lain agar lebih enak.

    Jangan lupa untuk bergerak 

    Fluktuasi berat badan dan hormon selama masa kehamilan dan menyusui dapat menyebabkan nyeri punggung. Menurut Breastfeeding Baby Comfortably, penting untuk menjaga tubuh Anda kuat dan sehat dengan memperkuat dan meregangkan otot-otot punggung dengan olahraga ringan. Anda mungkin tidak punya waktu untuk berolahraga, tetapi bahkan berjalan kaki lima menit di antara sesi menyusui dapat membantu.



    (YDH)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id