Perbedaan Covid-19 dan Alergi

    Raka Lestari - 19 Maret 2020 09:01 WIB
    Perbedaan Covid-19 dan Alergi
    Alergi biasanya memiliki gejala yang berada dalam kategori sedang sampai sangat berat. (Ilustrasi/Pexels)
    Jakarta: Alergi biasanya memiliki gejala yang berada dalam kategori sedang sampai sangat berat. Tetapi gejala alergi yang dialami saat ini mungkin akan lebih mengkhawatirkan dan mengganggu selama pandemic covid-19. Jika Anda mulai merasa sering batuk-batuk, bagaimana cara mengetahui bahwa bedanya alergi dengan covid-19?

    “Gejala diantara keduanya mungkin bisa mirip, tetapi ada perbedaan yang cukup penting. Alergi biasanya tidak menyebabkan kelelahan, masalah pada otot, atau tubuh yang terasa ngilu,” ujar Dr John Whyte, MD, kepala petugas medis WebMD, seperti dimuat Bustle.

    “Selain itu, demam adalah ciri khas covid-19 dan tidak akan muncul ketika seseorang mengalami alergi," tambah Dr Sharon Orrange, MD, profesor kedokteran klinis di Keck School of Medicine USC.

    Menurut World Health Organization (WHO), gejala covid-19 diantaranya adalah demam, kelelahan, dan batuk kering yang tidak melibatkan lendir atau darah. Beberapa pasien covid-19 juga dilaporkan mengalami sakit dan nyeri, hidung tersumbat, pilek, atau diare, tetapi demam adalah gejala yang paling umum. Napas pendek atau sulit bernapas dapat terjadi pada kasus yang serius.

    “Jika Anda memiliki alergi musiman, kemungkinan besar Anda akan mengalami hidung meler, hidung tersumbat, dan mata berair, yang biasanya tidak ditemukan pada pasien covid-19,” kata Dr Whyte.

    “Jika Anda cenderung mengalami alergi setiap tahun, pantau gejalanya dengan cermat dan cobalah untuk membedakan apakah gejalanya berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.” terangnya.

    Dr Whyte juga menambahkan, jika karena alasan tertentu Anda berpikir Anda mungkin terinfeksi covid-19, pastikan untuk menghubungi dokter Anda atau fasilitas kesehatan terdekat sebelum pergi ke sana. ”Dan jika gejala Anda sebagian besar terdiri dari hidung bersin dan gatal yang biasanya merambat sepanjang tahun ini, kemungkinan penyebabnya adalah alergi, bukan covid-19," ujarnya





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id