5 Manfaat Tanah Liat untuk Kecantikan

    Raka Lestari - 11 Oktober 2019 10:58 WIB
    5 Manfaat Tanah Liat untuk Kecantikan
    Salah satu jenis tanah liat, yaitu tanah liat bentonit merupakan pembersih pori-pori Anda. (Foto: The Healthy)
    Jakarta: Tanah liat atau clay biasanya identik dengan masker untuk wajah. Namun sebenarnya, penggunaan tanah liat tidak hanya sebatas pada masker wajah saja.

    Tanah liat bisa dijadikan bahan tambahan. Seperti untuk perawatan kecantikan yang bisa membuat kulit Anda menjadi lebih bersih dan terawat.

    Berikut ini adalah beberapa manfaat tanah liat bagi perawatan rutin kecantikan Anda sehari-hari:

    1. Membersihkan pori-pori

    “Saat ini sudah semakin banyak orang yang sadar akan efek negatif dari polusi dan radikal bebas pada kulit,” kata Biba de Sousa, seorang ahli kecantikan di Los Angeles.

    Salah satu jenis tanah liat, yaitu tanah liat bentonit merupakan pembersih pori-pori Anda. Ketika dicampurkan dengan cairan, tanah liat bentonit berfungsi seperti magnet dan spons, mengikat dan menyerap kotoran yang bermuatan positif (seperti logam berat, sebum berlebih, dan bakteri).

    2. Menyerap minyak berlebih

    Untuk mengatasi kelebihan minyak alami pada kulit, gunakan bahan-bahan alami seperti tanah liat bentonit yang membantu menyeimbangkan kadar sebum.

    “Tanah liat sangat bagus dalam menyerap minyak yang berlebihan,” Alexandra Wagner, seorang ahli kecantikan di Los Angeles.

    Seseorang yang memiliki kulit kering, sensitif, dan keriput bisa menggunakan jenis tanah liat yang lebih lembut seperti French pink dan white kaolin.

    3. Detoksifikasi

    Tanah liat bentonit bukan hanya dapat membersihkan pori-pori pada wajah Anda tetapi juga pada seluruh tubuh. Dengan menambahkan 1 atau 2 cangkir bubuk tanah liat bentonit ke dalam bak mandi, Anda sudah dapat menjadikannya ritual yang menyenangkan untuk mandi. Efeknya, dapat mengurangi pembengkakan dan meredakan peradangan.

    4. Eksfoliasi

    "Butiran bentonit memberikan pembersihan tambahan dengan mengelupaskan sel-sel kulit mati. Tidak seperti bahan eksfoliator yang kasar dan dapat merusak kulit, tanah liat bentonit dapat mengatasi kulit yang kering dan kasar sehingga kulit Anda menjadi lebih halus, lembut dan sehat," kata de Sousa. 

    Campurkan bubuk tanah liat bentonir dengan air atau air mawar hingga membentuk pasta kental. Dengan menggunakan jari Anda, oleskan dengan lembut dalam gerakan memutar. Bilas dengan air hangat.

    5. Menjernihkan

    Menurut Mayo Clinic, empat penyebab utama jerawat adalah produksi minyak, sel kulit mati, pori-pori tersumbat, dan bakteri. Tanah liat bentonit dapat mengatasi semuanya.

    “Ketika dicampur dengan air dan digunakan sebagai masker wajah, tanah liat bentonit mengeluarkan sebum dan bakteri berlebih dari kulit. Efek pengelupasannya yang ringan membantu mengangkat sel kulit mati dan membuka pori-pori.



    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id