Apakah Obat Lupus Bisa Digunakan untuk Pasien Covid-19?

    Sunnaholomi Halakrispen - 26 Juni 2020 18:32 WIB
    Apakah Obat Lupus Bisa Digunakan untuk Pasien Covid-19?
    Ilustrasi-Pexels
    Jakarta: Pasien lupus rentan terpapar penyakit covid-19 (new coronavirus). Jika Anda pasien lupus, Anda dapat mengambil jenis obat untuk lupus yang membuat sistem kekebalan tubuh Anda kurang aktif, yang disebut imunosupresan.

    Dikutip dari WebMD, walaupun obat-obatan itu dapat membuat Anda lebih mungkin terserang infeksi, namun juga membantu mengendalikan lupus Anda. Itu penting karena Anda lebih mungkin jatuh sakit karena infeksi ketika penyakit Anda aktif.

    Obat imunosupresan untuk lupus meliputi azathioprine, belimumab, siklofosfamid, siklosporin, leflunomide, metotreksat, prednison, dan rituximab. Anda juga dapat menggunakan obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID), seperti ibuprofen, naproxen, atau celecoxib (Celebrex), untuk gejala lupus.

    Di sisi lain, Anda mungkin pernah mendengar laporan bahwa beberapa obat tersebut dapat memperburuk gejala covid-19. Tetapi, FDA (Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat) mengatakan bahwa hingga kini tidak ada bukti bahwa hal itu benar.

    Lalu, bisakah obat lupus mengobati pasien covid-19? Beberapa obat lupus, seperti hydroxychloroquine (olaquenil) dan chloroquine (aralen), mengubah sistem kekebalan tubuh Anda tanpa meningkatkan kemungkinan Anda akan mendapatkan infeksi.

    Para peneliti di seluruh dunia sedang mempelajari apakah obat ini dapat membantu mencegah atau mengurangi gejala virus corona baru. Jika ada orang di rumah sakit dengan covid-19, FDA mengatakan tidak apa-apa bagi dokter untuk memberi mereka dua obat itu.

    Tetapi, FDA belum menyetujui obat-obatan itu sebagai pengobatan yang efektif untuk covid-19. Ketertarikan pada obat-obatan ini membuat sulit bagi sebagian orang dengan lupus untuk menyisipkannya pada resep obat mereka.

    Namun, kelompok kesehatan di Amerika Serikat meminta dewan apotek negara untuk memastikan obat itu tersedia untuk orang-orang yang bergantung padanya. Mereka pun mendesak para pembuat obat untuk memenuhi permintaan para pasien.

    Beberapa perusahaan menyumbangkan hydroxychloroquine dan chloroquine untuk penggunaan covid-19. Bahkan, FDA bekerja sama dengan mereka untuk menghasilkan lebih banyak. Di masa depan, itu akan memudahkan Anda untuk mendapatkan obat dari apotek terdekat.



    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id