4 Keuntungan Tidur Siang setelah Berolahraga

    Kumara Anggita - 30 Juni 2020 17:00 WIB
    4 Keuntungan Tidur Siang setelah Berolahraga
    Ilustrasi-Pexels
    Jakarta: Untuk beberapa orang, olahraga bisa bikin tambah semangat. Namun ada pula yang justru mengantuk dan ingin tidur siang saja usai melakukan olahraga.

    Dilansir dari Healthline, mengantuk usai olahraga adalah hal wajar. Terlebih bila Anda baru melakukan olahraga dengan intensitas tinggi. Respons itu terjadi karena Anda telah memaksakan diri secara fisik.

    Padahal sesungguhnya ada manfaat tersendiri dari tidur siang sehabis berolahraga. Berikut penjelasannya dari Healthline:

    -Pemulihan otot

    Tidur siang setelah berolahraga dapat mendukung pemulihan otot. Saat Anda tidur, kelenjar pituitari melepaskan hormon pertumbuhan.

    Otot Anda membutuhkan hormon ini untuk memperbaiki dan membangun jaringan. Cara ini penting untuk pertumbuhan otot, performa atletik, dan menuai manfaat dari aktivitas fisik.

    -Memperbaiki tidur Anda yang kurang

    Kurang tidur juga dapat menghambat pemulihan otot. Ini juga memperlambat fungsi kognitif dan melemahkan sistem kekebalan tubuh, berkontribusi pada kinerja atletik yang buruk. Dengan tidur siang, Anda dapat mengurangi efek kurang tidur dengan lebih banyak istirahat.

    -Mengurangi kelelahan fisik

    Merasa mengantuk setelah berolahraga adalah tanda kelelahan otot. Tidur siang mendorong pemulihan otot tersebut dan hasilnya adalah mengurangi kelelahan.

    -Lebih waspada secara mental

    Tidur siang dapat meningkatkan kewaspadaan secara mental dan memberi Anda dorongan energi mental. Jika Anda bangun pagi untuk berolahraga, tidur siang dapat membantu Anda merasa tidak lelah.



    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id