Sudah Benarkah Push Up yang Anda Lakukan?

Anggi Tondi Martaon - 11 Januari 2019 15:28 wib
Bagaimana cara mengetahui atau melakukan push up yang benar?
Bagaimana cara mengetahui atau melakukan push up yang benar? Berikut informasinya. (Foto: Sam Owoyemi/Unsplash.com)

Jakarta: Push up merupakan salah satu olahraga sederhana karena tidak membutuhkan peralatan khusus. Namun, di balik itu semua melakukan push up yang benar tidaklah mudah.

Pada umumnya, kebanyakan orang menyepelekan teknik push up yang baik dan benar. Alih-alih, harapan membentuk otot dada dan lengan itu tidak terwujud karena teknik yang dilakukan salah.

Lalu, bagaimana cara mengetahui atau melakukan push up yang benar? Dikutip dari Nerdfitness.com, berikut teknik push up yang baik dan benar.

(Baca juga: 6 Olahraga Ini Bantu Kencangkan Kulit)

1. Posisi tubuh

- Posisi tangan
Posisi tangan seringkali ditentukan dengan variasi push up yang akan dilakukan. Untuk teknik dasar, posisikan kedua telapak tangan selebar bahu atau lebih. Posisi tangan juga harus harus miring.

- Posisi kaki
Diberbagai referensi, mungkin Anda melihat ada yang posisi kaki dirapatkan atau renggangkan selebar bahu. Kedua posisi tersebut benar.

Secara umum, posisi kaki yang direnggangkan bisa menjaga keseimbangan. Maka, tubuh akan semakin stabil saat melakukan push up.

- Posisi kepala
Pada umumnya kesalahan yang paling umum saat melakukan push up adalah di kepala. Mereka biasanya melihat ke bagian bawah atau lantai.

Posisi kepala yang benar saat melakukan push yaitu wajah menghadap ke depan, bukan ke lantai. Sehingga, bagian kepala yang menyentuh lantai adalah dagu, bukan hidung.


(Push up merupakan salah satu olahraga sederhana karena tidak membutuhkan peralatan khusus. Foto: Pixabay.com)

2. Gerakkan push up
Jika posisi tubuh sudah tepat, langkah selanjutnya melakukan push up yang benar yaitu pada bagian gerakan. Butuh perjuangan memang agar tubuh terbiasa melakukan gerakan yang tepat.

Berikut hal yang harus diperhatikan agar gerakkan push up benar dan tepat, yaitu:

- Posisi lengan 90 derajat
Saat posisi tubuh sudah benar, mulai turunkan badan dengan stabil hingga posisi lengan berada pada sudut 90 derajat. Jika memungkinkan, turun hingga dada (bukan wajah) menyentuh lantai.

- Posisi siku
Pada umumnya, kesalahan saat melakukan push up yaitu posisi siku mengarah keluar. Yang tepat, posisi siku relatif dekat dengan tubuh Anda.

- Tekan dengan cepat saat kembali posisi semula
Setelah lengan membentuk posisi 90 derajat atau dada menyentuh lantai, berhenti sejenak. Kemudian, kembali ke posisi semula dengan tekanan cukup cepat hingga posisi awal.

Ulangi gerakan di atas dengan baik dan benar. Sehingga manfaat atau tujuan push up dapat dirasakan oleh tubuh. Selamat mencoba.




(TIN)


BACA JUGA
BERITA LAINNYA

Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.