MAGHRIB 17:47

    Untuk Jakarta dan sekitarnya

    IMSAK 04:25
    SUBUH 04:35
    DZUHUR 11:53
    ASHAR 15:14
    ISYA 19:00

    Download Jadwal Imsakiyah

    Minuman yang Dapat Menyebabkan Bau Mulut

    Raka Lestari - 01 April 2019 17:25 WIB
    Minuman yang Dapat Menyebabkan Bau Mulut
    Ada sebagian orang yang tidak menyukai kopi, karena baunya yang tertinggal di mulut. (Foto Ilustrasi: Snapbythree my/Unsplash.com)
    Makanan bukan satu-satunya faktor yang menyebabkan mulut Anda bau. Minuman seperti kopi juga memberikan dampak besar timbulnya bau mulut.


    Jakarta: Bau mulut merupakan salah satu hal yang cukup membuat tidak nyaman, terutama ketika Anda sedang berbicara dengan orang lain. Selain itu, bau mulut juga bisa menjadi pertanda adanya sesuatu.
    Hadirnya bau di mulut biasanya berasal dari apa yang kita makan. Seperti mengonsumsi makanan dengan bahan bawang putih atau bawang bombay. Dan, ternayata tidak hanya makanan saja yang dapat menyebabkan bau, beberapa jenis minuman tertentu juga bisa menjadi penyebab bau mulut.

    Dikutip dari Health, berikut ini adalah beberapa minuman yang dapat menyebabkan mulut Anda berbau tidak sedap:

    -Kopi

    Dewasa ini, kopi sudah menjadi gaya hidup karena memiliki ragam manfaat. Tapi ada sebagian orang yang tidak menyukai kopi, karena baunya yang tertinggal di mulut. Sebab kopi mengandung sulfur tinggi, yang berkontribusi terhadap bau mulut.

    Sementara itu mengganti kopi dengan teh juga ternyata tidak membantu sama sekali demi mengurangi bau mulut.

    "Terlalu banyak kafein dapat mengeringkan mulut Anda, yang meningkatkan bau mulut karena air liur membantu membersihkan bakteri dan partikel makanan yang menyebabkan bau mulut," ujar Cynthia Sass, MPH, RD, ahli diet.

    -Alkohol

    Dalam sebuah studi pada April 2018 yang diterbitkan dalam jurnal Microbiome, menyebutkan para peneliti memeriksa komunitas bakteri pada sampel air liur dari 1.000 sukarelawan sehat antara usia 55 tahun dan 84 tahun.

    Mereka menemukan konsentrasi bakteri "jahat" yang lebih tinggi berhubungan dengan luka pada gusi, yang menjadi pemicu bau mulut dan ditemukan pada sukarelawan yang minum alkohol.

    "Selain mengubah bakteri di mulut Anda, alkohol juga dapat memicu refluks asam, yang menyebabkan asam lambung merayap naik ke tenggorokan, dan asam itu memiliki bau," tambah Sass.
     

    -Minuman berkarbonasi

    Ada asam dalam soda dan minuman bergula lainnya yang dapat merusak. Terutama asam yang menjadi penyebab utama terjadinya bau mulut.

    "Asam dapat mengeringkan mulut Anda, memungkinkan bakteri dan makanan bertahan lama di mulut Anda, dan akhirnya menyebabkan bau mulut, " ujar Gigi Meinecke, DMD, seorang dokter gigi dari Academy of General Dentistry yang berbasis di Maryland.



    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id