4 Makanan Mengandung Vitamin B12 untuk Vegan

    Raka Lestari - 26 September 2020 14:05 WIB
    4 Makanan Mengandung Vitamin B12 untuk Vegan
    Ilustrasi jamur. (Foto; Pexels)
    Jakarta: Vitamin B12 adalah salah satu vitamin yang paling sulit didapat oleh penganut vegan, karena sebagian besar terdapat pada produk hewani seperti daging dan susu. Sangat penting untuk mendapatkan cukup vitamin B12 dalam makanan Anda karena B12 memiliki banyak manfaat kesehatan termasuk membantu tubuh membentuk saraf dan sel darah merah. Dan kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan kelelahan, sembelit, dan kelemahan.

    Jika Anda seorang vegan, dan ingin mendapatkan asupan vitamin B12 yang cukup maka dapat memilih sumber makanan berikut ini:

    Makanan yang difortifikasi

    Makanan fortifikasi adalah makanan yang diberi tambahan vitamin atau mineral yang pada awalnya tidak ada. Produsen makanan dan badan pemerintah seperti Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat bekerja sama untuk melakukan fortifikasi makanan sebagai cara untuk mengatasi kekurangan nutrisi dalam populasi.

    Nori

    Nori adalah rumput laut yang dapat dimakan, paling sering ditemukan dalam masakan Jepang. Satu lembar nori mengandung 1,9 mcg vitamin B12, atau sekitar 80% dari kebutuhan harian Anda. "Beberapa [studi] menunjukkan nori mengandung vitamin B12 aktif, sementara yang lain menemukan nori mengandung secara eksklusif pseudo-B12, yang tidak aktif pada manusia," kata Roman M Pawlak, PhD, RDN, seorang profesor di East Carolina University.

    Ragi nutrisi

    Ragi nutrisi atau nutritional yeast merupakan salah satu jenis jamur dan ramah bagi vegan. “Ini merupakan ragi yang sudah dinonaktifkan, artinya mirip dengan ragi yang biasa digunakan untuk membuat roti tetapi sudah tidak lagi hidup,” kata Pawlak. Biasanya ini dapat ditemukan di supermarket dalam bentuk bubuk, butiran, atau serpihan.
    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id