Cara Meningkatkan Kesehatan Paru untuk Melawan Happy Hypoxia

    Raka Lestari - 15 September 2020 14:11 WIB
    Cara Meningkatkan Kesehatan Paru untuk Melawan Happy Hypoxia
    Berjalan adalah latihan sederhana yang membuat jantung Anda terpompa dan membangun otot-otot kaki Anda. (Ilustrasi/Pexels)
    Jakarta: Salah satu gejala lain dari infeksi covid-19 yang terbaru adalah Happy Hypoxia Syndrome, dimana pasien yang mengalaminya tidak sadar bahwa kadar oksigen dalam darahnya sudah sangat rendah. Jika dibiarkan, hal ini dapat membuat pasien kehilangan kesadaran bahkan menyebabkan kematian.

    Agar tidak mengalami hal tersebut, seperti dilansir TheHealthy, Anda bisa melakukan beberapa hal untuk memperbaiki fungsi paru-paru Anda seperti berikut ini:

    Melakukan latihan napas yang dalam

    “Jika Anda ingin mendapatkan paru-paru yang sehat, Anda perlu meningkatkan volume tidal atau jumlah total udara yang dapat Anda hirup,”ujar Pamela Peeke, MD, penulis FIT To LIVE dan juru bicara dari American College of Sports Medicine.

    Bernapas dalam-dalam dapat membuka rongga dada dan membuat paru-paru mendistribusikan oksigen ke tubuh secara keseluruhan dan menghilangkan limbah karbon dioksida.

    Berjalan selama 20 menit

    Berjalan adalah latihan sederhana yang membuat jantung Anda terpompa dan membangun otot-otot kaki Anda. Para dokter juga sering menyarankan untuk berjalan kaki secara rutin untuk pasien yang sedang menjalani program rehabilitasi paru-paru, sebuah program untuk orang yang menderita penyakit paru-paru.

    Richard Casaburi, PhD, profesor dan kepala Divisi Respiratory and Critical Care Physiology and Medicine, Harbor di University of California mengatakan bahwa dnegan berjalan kaki rutin dapat mengoptimalkan fungsi organ, pada kasus ini adalah organ paru-paru.

    Mempraktikkan postur tubuh yang baik

    Penelitian telah menunjukkan bahwa postur tubuh yang buruk menekan paru-paru Anda dan menyebabkan napas yang pendek. “Penting untuk menjaga agar kapasitas paru-paru Anda tetap dalam keadaan optimal, dimana hal tersebut tidak bisa dicapai jika Anda memiliki postur tubuh yang bungkuk,” ujar Dr Peeke.

    Melakukan olahraga lari

    Beberapa olahraga seperti lari atau bermain bola sangat bagus untuk paru-paru Anda.
    "Memperbaiki otot-otot di lengan dan kaki Anda dapat meningkatkan efisiensi paru-paru,"ujar Carol Garber, PhD, juru bicara American College of Medicine. Namun sebaiknya olahraga ini tidak dilakukan secara berlebihan. Tetap lakukan sesuai dengan kemampuan Anda.



    (YDH)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id