Menstruasi Dua Kali dalam Sebulan, Normalkah?

    Kumara Anggita - 07 April 2019 19:18 WIB
    Menstruasi Dua Kali dalam Sebulan, Normalkah?
    Untuk mengenal siklus menstruasi Anda dengan lebih baik, Anda bisa menggunakan aplikasi untuk melacak menstruasi. (Foto Ilustrasi: Daria Shevtosa/Pexels)
    Jakarta: Siklus menstruasi seorang perempuan tidaklah selalu teratur. Ada yang berlangsung lama, cepat, dan bahkan terjadi dua kali dalam sebulan.

    Bila hal tersebut terjadi, sebaiknya Anda tidak usah panik dulu. Seperti yang dilansir dari Refinery29 untuk beberapa kasus menstruasi dua kali dalam sebulan adalah sesuatu yang normal.

    Seorang ginekolog dan penulis The Woman's A to Z for Your V, Alyssa Dweck, MS, MD, FACOG menyatakan bahwa tidak teraturnya menstruasi tersebut bisa menunjukkan bahwa seorang perempuan dalam keadaan normal. Namun tidak menutup kemungkinan bila dikaitkan dengan faktor lain, menstruasi dua kali ini bisa mengindikasikan penyakit.

    Untuk beberapa orang, menstruasi dua kali setiap bulan mungkin dapat terjadi karena lamanya siklus menstruasi mereka. Untuk orang-orang dengan siklus yang lebih pendek, ada kemungkinan mengalami pendarahan hingga dua kali selama sebulan selama 30 hari.

    "Siklus menstruasi 'normal' terjadi setiap 21 hingga 35 hari, dan menstruasi dapat berlangsung dua hingga tujuh hari," kata Dweck.

    "Jika ini merupakan kebiasaan dan memenuhi kriteria setiap 21 hingga 35 hari, tidak ada masalah," lanjutnya.

    Baca juga: Mitos tentang Kehamilan

    Namun, bila hal ini terjadi diikuti dengan gejala lain seperti rasa sakit, bau, atau keputihan, bisa jadi Anda memiliki permasalahan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda datang ke ginekolog atau penyedia layanan kesehatan.

    Contohnya, ketidakseimbangan hormon seperti sindrom ovarium polikistik (PCOS) dapat menyebabkan menstruasi yang tidak teratur dan bercak. Selain itu, masalah tiroid juga dapat memengaruhi hormon Anda dan mengacaukan siklus seseorang.

    Dweck menambahkan bahawa dua periode dalam satu bulan bisa menjadi tanda bahwa ada beberapa masalah struktural dalam sistem reproduksi seperti kista dan polip. Terkadang, pendarahan ringan yang terlihat merah muda hingga coklat muda, bisa menjadi tanda pendarahan implantasi. Itu terjadi ketika telur yang dibuahi ditanamkan di dalam rahim.

    Untuk mengenal siklus menstruasi Anda dengan lebih baik, Anda bisa menggunakan aplikasi untuk melacak menstruasi. Dengan seperti itu, Anda tahu bahwa dua kali menstruasi tersebut merupakan bentuk normal atau berkaitan dengan penyakit lain.



    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id