Ketahui Gejala Kanker Dubur

    Torie Natalova - 06 April 2019 10:16 WIB
    Ketahui Gejala Kanker Dubur
    Ketahui Gejala Kanker Dubur
    Jakarta: Mantan bintang serial Desperate Housewives, Marcia Cross mengungkapkan bahwa dirinya menderita kanker dubur dalam sebuah unggahannya di Instagram. Marcia mengatakan ia mengalami kerontokan rambut akibat penyakit tersebut. Karena pemeriksaan dan deteksi dini, Marcia telah sembuh dari kanker setelah menjalani enam minggu radiasi dan kemoterapi.

    Kanker dubur merupakan salah satu jenis kanker yang tidak umum. Menurut American Cancer Society, kanker dubur dimulai di anus, lubang di ujung bawah usus di mana ujung usus terhubung ke bagian luar tubuh.

    Kondisi ini lebih sering terjadi pada wanita, biasanya mereka yang berusia di atas 60 tahun. Mereka yang berisiko tinggi terkena kanker dubur juga termasuk orang yang terinfeksi human papillomavirus (HPV) atau HIV, perokok dan individu dengan kekebalan tubuh yang lebih rendah.

    Dalam beberapa kasus tidak ada gejala kanker dubur. Tetapi, pendarahan ringan yang sering terjadi pada penderita wasir, biasanya merupakan tanda pertama penyakit ini. Namun, selain pendarahan dubur ada beberapa gejala lain yang mungkin menyertainya.

    Menurut American Cancer Society, selain pendarahan dubur, beberapa gejala kanker dubur dapat meliputi:

    1. Keluarnya cairan abnormal dari anus
    2. Gatal dubur
    3. Benjolan atau massa pada pembukaan anus
    4. Rasa sakit atau perasaan penuh di daerah anus
    5. Penyempitan feses atau perubahan lain dalam buang air besar
    6. Pembengkakan kelenjar getah bening di daerah anal atau selangkangan

    Tetapi, seringkali gejala-gejala tersebut lebih cenderung disebabkan oleh kondisi jinak dan non kanker seperti wasir, celah anal atau kutil dubur. Jika Anda memiliki salah satu gejala tersebut, sebaiknya tetap segera periksakan ke dokter. Karena, semakin cepat penyebabnya terdeteksi, semakin efisien pengobatannya.

    Seperti kebanyakan kanker lainnya, jika terdeteksi pada tahap sebelumnya maka tingkat kelangsungan hidup secara signifikan lebih tinggi seperti kasus yang dialami Marcia.

     



    (ELG)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id