Mengapa Kopi Membuat Anda Ingin Buang Air Besar?

    Raka Lestari - 09 April 2019 08:15 WIB
    Mengapa Kopi Membuat Anda Ingin Buang Air Besar?
    Ada kemungkinan keasaman berperan dalam mengapa kopi membuat Anda merasa ingin buang air besar setelah minum kopi. (Foto: Pexels.com)
    Menurut Kris Sollid, RD, direktur senior komunikasi nutrisi di International Food and Information Council Foundation, kopi mengandung asam klorogenat dan meningkatkan produksi asam lambung dalam tubuh. Kedua asam menurunkan pH lambung dan mempercepat pergerakan makanan dari lambung ke usus kita.


     
    Jakarta:
    Segelas kopi dapat memberikan Anda energi tambahan tetapi mungkin mengonsumsi kopi juga dapat membuat Anda merasa ingin buang air besar. 

    Meskipun belum ada banyak penelitian tentang masalah ini, sebuah studi dari Gut, jurnal gastroenterologi, menunjukkan bahwa 30 persen orang yang diteliti merasa ingin buang air besar setelah minum kopi.

    "Kopi secara alami mengandung ratusan bahan kimia, jadi jawaban mengapa kopi membuat Anda buang air kecil sedikit rumit," menurut Kris Sollid, RD, direktur senior komunikasi nutrisi di International Food and Information Council Foundation. 

    Banyak orang mengatakan jumlah kafein dalam kopi bisa menjadi salah satu alasan untuk buang air besar setelah minum secangkir kopi karena mengaktifkan otot perut dan usus besar. 

    "Minuman panas, secara umum, mungkin juga cenderung memiliki efek ini, sehingga minuman berkafein panas mungkin merupakan pemicu ganda," kata Monica Reinagel, MS, LDN, dari NutritionOverEasy.com. 

    "Meskipun kafein merangsang aktivitas usus, itu mungkin salah satu dari banyak alasan mengapa kopi membuat Anda buang air besar," kata Sollid.

    Mengapa Kopi Membuat Anda Ingin Buang Air Besar?
    (Kopi mengandung asam klorogenat dan meningkatkan produksi asam lambung dalam tubuh. Kedua asam menurunkan pH lambung dan mempercepat pergerakan makanan dari lambung ke usus kita. Foto: Pexels.com)

    (Baca juga: 6 Tanda Terlalu Banyak Minum Kopi)

    Dilansir dari Reader's Digest, ada kemungkinan keasaman berperan dalam mengapa kopi membuat Anda merasa ingin buang air besar setelah minum kopi. 

    "Kopi mengandung asam klorogenat dan meningkatkan produksi asam lambung dalam tubuh," menurut Sollid. Kedua asam menurunkan pH lambung dan mempercepat pergerakan makanan dari lambung ke usus kita, memaksa lambung untuk mendorong isinya lebih cepat dari biasanya. 

    "Kopi juga meningkatkan produksi hormon seperti gastrin dan cholecystokinin yang meningkatkan kemampuan untuk mencerna makanan dan mengaktifkan usus besar yang membuat Anda ingin buang air besar," tambah Sollid. 

    Kopi tanpa kafein memiliki efek yang sama karena juga berdampak baik pada asam lambung dan gastrin, sehingga keinginan untuk buang air besar bukan karena kafein saja.

    Namun, bagi orang-orang yang sudah minum kopi secara teratur efek ingin buang air besar setelah minum kopi bisa diminimalisir.

    Reinagel menjelaskan bahwa orang yang secara teratur mengonsumsi kafein dapat mengembangkan toleransi terhadap efeknya. 

    "Kopi sebenarnya tidak memiliki efek diuretik pada seseorang yang rutin meminum kopi. Bagi mereka, minum kopi setara dengan minum air putih dalam hal hidrasi," kata Reinagel.





    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id