4 Cara Mengurangi Limbah Makanan

    Raka Lestari - 08 Januari 2020 13:11 WIB
    4 Cara Mengurangi Limbah Makanan
    Ilustrasi-Pexels
    Jakarta: Mengurangi limbah makanan juga memiliki dampak positif pada lingkungan. Dengan mengurangi limbah makanan, akan menghemat sumber daya dan energi yang digunakan untuk memproduksi makanan yang tidak dibutuhkan.

    Selain itu, limbah makanan yang membusuk di tempat pembuangan sampah, menghasilkan gas metana yang merupakan salah satu gas rumah kaca yang berkontribusi terhadap perubahan iklim.

    Dengan melakukan beberapa cara di bawah ini, Anda bisa mengurangi limbah makanan yang bisa dilakukan seperti berikut:

    -Beli makanan yang dibutuhkan saja

    Cara yang paling jelas dan paling penting adalah dengan memikirkan secara kritis apa saja makanan yang ingin Anda beli. Saat berbelanja, tuliskan apa saja yang ingin Anda beli.

    "Hindari membeli barang secara impulsif atau menyimpan stock makanan terlalu banyak dan Anda juga mencegah makanan yang disimpan menjadi busuk,” ujar Carmen Byker Shanks, ahli gizi dan profesor sistem pangan, nutrisi, dan pangan berkelanjutan di Montana State University.

    -Melakukan pengaturan

    Dengan membuat dapur dan kulkas Anda menjadi rapi juga bisa sangat membantu. Letakkan makanan yang lebih mudah busuk di bagian depan.

    “Ini bisa menjadi pengingat agar Anda menggunakan bahan makanan tersebut lebih dulu dibandingkan makanan yang diawetkan atau diproses,” ujar Byker Shanks.

    "Ada solusi yang mudah untuk makanan yang mudah rusak. Bungkus sayuran hijau dengan handuk kertas atau handuk dapur karena handuk itu menyerap banyak kelembaban yang keluar dari sayuran," saran Byker Shanks.

    -Pertimbangkan membeli paket makanan

    Pertimbangkan juga untuk membeli paket makanan sehingga Anda bisa tinggal memasaknya dalam jumlah yang sudah disesuaikan. Dilansir dari TIME, sebuah studi menemukan bahwa paket makanan ini dapat mengurangi limbah makanan karena biasanya paket makanan sudah diberikan ukuran untuk setiap porsi masakan.

    -Mengonsumsi makanan tidak berlebihan

    Makan berlebihan juga merupakan bentuk limbah makanan. Faktanya, sebuah penelitian baru-baru ini yang diterbitkan dalam Frontiers in Nutrition berpendapat bahwa, secara global, kelebihan berat badan setara dengan 140 miliar pon sisa makanan.

    “Menyadari seberapa banyak Anda makan merupakan cara untuk mengurangi sisa makanan dan meningkatkan kesehatan Anda,” imbuh Byker Shanks.

    (FIR)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id