Aerobik Dapat Meningkatkan Kesehatan Otak

    Dhaifurrakhman Abas - 20 Agustus 2019 17:06 WIB
    Aerobik Dapat Meningkatkan Kesehatan Otak
    Ilustrasi--(Foto: Geert Pieters/Unsplash.com)
    Aerobik mampu meningkatkan kekuatan jantung, membakar kalori, dan membentuk otot. Aerobik juga mampu menjaga kesehatan otak.


    Jakarta: Aerobik merupakan salah satu olah raga yang menyehatkan. Olah raga ini mampu meningkatkan kekuatan jantung, membakar kalori, dan membentuk otot.

    Tak sampai di situ. Melansir Times of India, sebuah penelitian menyebut aerobik juga mampu menjaga kesehatan otak. Melakukan aerobik setiap hari dapat membuat lebih produktif dan berpikir jernih.

    Hal ini berfungsi untuk segala macam jenis olahraga aerobik mulai dari memilih jalan cepat, berenang, berlari, atau bersepeda. Asalkan aktivitas itu dilakukan setiap hari.

    Sumber yang sama menyebut, berolahraga aerobik selama setidaknya 150 menit per minggu berdampak positif pada aliran darah dalam tubuh. Selain itu juga baik untuk kesehatan otak dan mengatasi masalah hipertensi.

    Hal ini juga diungkapkan dalam studi tahun Brain, Behavior, and Immunity yang diterbitkan pada 2019. Hasil studi mengatakan, latihan aerobik intensitas sedang yang dilakukan setiap hari selama 20 menit membantu mengurangi peradangan otak.

    Bentuk latihan ini juga memiliki efek neuro-pelindung yang dapat melawan peradangan hippocampal. Ini merupakan salah satu penyebab orang kesulitan tidur.

    Aerobik juga mempromosikan tubuh untuk memproduksi neurotrofin yang mengarah pada plastisitas otak yang lebih besar. Pada akhirnya, otam akan meningkatkan daya ingat dan pembelajaran. Selain itu, aerobik juga meningkatkan pemrosesan informasi dan meningkatkan mood.

    Menurut organisasi kesehatan dunia (WHO), aerobik merupalan jenis olahraga yang dapat membantu mengurangi risiko penurunan kognitif. Aerobik juga dikatakan memiliki efek yang lebih positif pada tubuh dibandingkan dengan bentuk latihan lainnya.

    Sementara itu, sesuai penelitian yang diterbitkan dalam British Journal of Sports Medicine, latihan aerobik yang teratur meningkatkan volume hippocampal. Ini mampu mencegah risiko seseorang terserang stres dan demensia.

    Seseorang juga dianjurkan mengonsunsi nutrisi seperti asam lemak omega 3, antioksidan serta vitamin dan mineral. Zat tersebut sangat dibutuhkan untuk menyediakan energi dan melindungi dari berbagai penyakit otak.





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id